SOLOPOS.COM - Warga kelompok rentan di Deda Klakah mulai diungsikan di TPPS Desa Klakah, Rabu (11/11/2020). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, BOYOLALI -- Setelah Tlogolele, warga kelompok rentan di Desa Klakah di Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali juga mulai diungsikan, Rabu (11/11/2020). Pengungsian warga ke tempat penampungan pengungsi sementara (TPPS) secara bertahap.

Kepala Desa Klakah, Boyolali, Marwoto, mengatakan pada Rabu siang, pihaknya bersama sukarelawan, TNI dan Polri mulai mengevakuasi warga kelompok rentan yang ada di tiga dukuh yang masuk kawasan rawan bencana (KRB) III, yakni Dukuh Sumber, Bakalan dan Bangunsari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Strategi Pemdes Glesungrejo Wonogiri Tekan Covid-19, Maksimalkan Peran Kader Kesehatan

"Hari ini kami menurunkan [warga]. Menjauh dulu dari radius 3 km ke radius aman. Di gedung ini radius sekitar 6-7 km jadi kami pastikan aman untuk sementara ini," kata dia saat ditemui wartawan di TPPS Desa Klakah, Rabu.

Marwoto mengatakan untuk jumlah warga di tiga dusun itu sekitar 600 hingga 700 jiwa. Namun yang dievakuasi hari itu sesuai data ada sekitar 222 jiwa. Mereka terdiri dari warga usia lanjut, masyarakat difabel, balita, ibu hamil dan sebagainya.

"Tapi akan kami lakukan secara bertahap dan hati-hati. Warga biar tidak panik. Kami sampaikan terima kasih pada semua pihak yang ikut membantu," lanjut Marwoto.

Mahfud MD Pastikan Gatot Nurmantyo Tetap Dapat Bintang Mahaputera Meski Tak Hadir di Istana

Camat Selo, Joko Prihanto, juga mengatakan evakuasi untuk kelompok rentan tersebut dilakukan sebagai respons dari meningkatnya aktivitas Gunung Merapi. "Mereka terdiri dari warga lanjut usia, difabel, wanita hamil dan sebagainya, karena berisiko maka diminta untuk ke pengungsian di TPPS," kata dia.

Sementara itu di Desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, warga kelompok rentan juga masih berada di TPPS Desa Tlogolele. Menurut Sekretaris Desa Tlogolele, Neigen Achtah Nur Edy Saputra, mengatakan di TPPS Desa Tlogolele saat ini ada 133 warga kelompok rentan yang tinggal.

Wah, Ganjar Pranowo Disebut Potensial Memenangi Pilpres 2024 Asalkan Berpasangan dengan Tokoh Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya