Waspada Corona, Melasti di Banyudono Boyolali Tanpa Arak-arakan
Umat Hindu di Banyudono menggelar Melasti di Umbul Siti Inggil, Dukuh Bendan, Desa Bendan, Banyudono, Sabtu (21/3/2020). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, BOYOLALI — Kegiatan Melasti untuk menyambut peringatan Nyepi tetap digelar di Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah (Jateng) di tengah mewabahnya virus corona (Covid-19).

Untuk mengantisipasi persebaran virus corona, Melasti tahun ini tidak menggunakan arak-arakan kesenian. Berdasarkan pantauan Solopos.com, kegiatan Melasti di Boyolali tahun ini digelar di kawasan Umbul Siti Inggil, Dukuh Bendan, Desa Bendan, Kecamatan Banyudono, Sabtu (21/3/2020).

Hindari Virus Corona, Gereja di Klaten Gelar Ibadah Online

Ketua Panitia Melasti, Triyatmono, mengatakan kegiatan tersebut merupakan ritual keagamaan yang dilaksanakan menjelang Nyepi. "Tujuannya adalah untuk membersihkan diri dan lingkungan," kata dia saat ditemui Solopos.com di Banyudono, Sabtu.

Triyatmono mengakui ada yang berbeda pada Melasti tahun ini di Boyolali dengan tahun-tahun sebelumnya karena adanya wbah virus corona. "Bedanya dengan tahun lalu, kalau dulu menggunakan arak-arakan kesenian dan sebagainya. Kali ini tidak," katanya.

Distribusi APD untuk Penanganan Corona, Jatah untuk Jateng 10.000 Unit

Selain itu, jumlah umat Hindu yang terlibat juga terbatas. Menurutnya, pada Melasti tahun-tahun sebelumnya, selain dihadiri umat Hindu di wilayah Banyudono dan sekitarnya, juga dihadiri umat Hindu dari daerah lain seperti Solo dan Sukoharjo.

"Tapi saat ini hanya dari Banyudono, Teras, dan sekitarnya saja sekitar 400 orang," terangnya.

Hari Ini Dalam Sejarah: 23 Maret 1946, Bandung Lautan Api Terjadi

Pihaknya berharap dengan Melasti tersebut segala kotoran pada diri umat dan lingkungannya lenyap. "Tinggal warase [sehatnya]," kata dia. Pada acara yang digelar di tengah wabah virus corona itu juga dilakukan Mendak Tirta.

Video Penjemputan ODP Corona Sebut Nama Gandekan Beredar Di Solo, Ternyata..

Kaur Keuangan Desa Bendan, Budiyanto, mengatakan lokasi pelaksanaan Melasti tersebut ada di kawasan Umbul Siti Inggil. "Pelaksanaan Melasti di lokasi ini sudah berjalan dua kali ini. Awalnya akan ada kirab, tapi dari panitia kemudian membatasi," kata dia.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho