SOLOPOS.COM - Bupati Wonogiri Joko Sutopo. (JIBI/Solopos/Dok)

Solopos.com, WONOGIRI -- Bupati Wonogiri Joko Sutopo memutuskan semua sekolah di Wonogiri mulai PAUD hingga SMA sederajat libur selama sepekan per Senin (16/3/2020) untuk waspada penyebaran virus corona.

Hal itu disampaikan Bupati yang akrab disapa Jekek itu saat dihubungi reporter Solopos, Rudi Hartono, Minggu (15/3/2020).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jekek mengatakan instruksi terkait waspada corona itu sudah disampaikan ke semua satuan pendidikan di Wonogiri, termasuk sekolah yang berada di bawah wewenang Kementerian Agama (Kemenag).

Tambah! Pasien Positif Corona di Jateng Jadi 4 Orang

"Sudah kami sampaikan sepekan ke depan kegiatan belajar mengajar siswa diselenggarakan di rumah masing-masing. Guru akan memonitor apa saja yang harus dilakukan siswa di rumah, sudah diumumkan ke seluruh satuan pendidikan," kata Jekek.

Selanjutnya, Jekek mengatakan akan menggelar rapat koordinasi (rakor) resmi yang melibatkan semua organisasi perangkat daerah (OPD) terkait pada Senin. Rakor itu untuk membahas kebijakan pemerintah daerah untuk waspada penyebaran corona.

Setelah rakor tersebut, Jekek mengatakan semua informasi terkait virus corona akan dipusatkan lewat satu pintu di posko yang dipimpin Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

TKW Sragen dari Taiwan Sempat Diisolasi di RSUD Negatif Corona

"Karena pemerintah pusat sudah menetapkan ini sebagai bencana nasional, kami di daerah harus menindaklanjuti dengan langkah-langkah, salah satunya ya meliburkan sekolah untuk meminimalkan interaksi yang berlebihan," kata Jekek.

Pasien Suspect Corona Wonogiri

Ditanya apakah Wonogiri juga akan menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) mengingatkan sudah ada satu pasien suspect corona asal Wonogiri, Jekek mengaku tak ingin berspekulasi.

Jekek mengatakan hanya berupaya menindaklanjuti penetapan bencana nasional oleh pemerintah pusat supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan.

Kenali Gejala Virus Corona, Apa Bedanya dengan Influenza?

Sebagaimana diinformasikan, seorang wanita berusia 43 tahun asal Wonogiri, Jawa Tengah, dirujuk ke RSUD dr. Moewardi, Solo, Jumat (13/3/2020), karena mengalami gejala mirip corona.

Sebelumnya perempuan tersebut sempat diperiksa di salah satu rumah sakit swasta di Wonogiri.

Direktur Rumah Sakit Amal Sehat, Slogohimo, Wonogiri, mengatakan pasien tersebut diduga terjangkit penyakit corona atau Covid-19. Itulah sebabnya pasien dirujuk ke RSUD dr. Moewardi untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya