SOLOPOS.COM - Ilustrasi kejahatan siber. (Istimewa).

Solopos.com, JAKARTA-Badan Siber dan Sandi Negara [BSSN] memprediksi setidaknya 5 jenis serangan siber akan terjadi pada 2023.

Serangan siber yang dialami oleh industri perbankan beberapa waktu belakangan wajib menjadi peringatan bagi seluruh organisasi ataupun instansi yang berkaitan dengan infrastruktur kritis di Indonesia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Juru Bicara Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Ariandi Putra, serangan-serangan siber dari berbagai jenis diprediksi akan banyak terjadi sepanjang tahun ini. “Berdasarkan Lanskap Keamanan Siber 2022, Badan Siber dan Sandi Negara [BSSN] memprediksi sejumlah serangan siber yang akan banyak terjadi pada 2023,” ungkapnya kepada Bisnis.com baru-baru ini.

 

  1. Ransomware

Ariandi menjelaskan maraknya perkembangan ransomware secara global sejalan dengan tingginya jumlah serangan ransomware di Tanah Air.

Serangan ini, jelasnya, dilakukan dengan memanfaatkan celah kerentanan yang sering terjadi di penyelenggara sistem elektronik (PSE) di Indonesia.

 

  1. Advanced persistent threat (APT).

Tren aktivitas APT mengalami peningkatan signifikan pada 2022. Tercatat, ada sebanyak 4.421.992 aktivitas APT di Indonesia tahun lalu.

“Ancaman ini diprediksi akan terus bertambah seiring tingginya Crime-as-a-Service (CaaS),” kata Ariandi.

 

  1. Kebocoran data.

Celah keamanan yang menjadi penyebab utama insiden kebocoran data adalah web application vulnerability dan phising. Celah-celah keamanan tersebut dikatakan banyak di Indonesia.

 

  1. Phising

BSSN memperkirakan pelaku kejahatan siber masih akan menjalankan serangan phising yang memanfaatkan rendahnya literasi keamanan digital masyarakat Indonesia.

 

  1. Web defacement.

Kasus ini masih akan menjadi isu yang mendominasi. Mengingat pada 2022 terdapat 2.348 kasus web defacement yang terjadi di Indonesia, masuk ke dalam 3 teratas insiden yang dilaporkan ke BSSN.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “BSSN: Indonesia Bakal Diberondong Serangan Siber, Ini Jenisnya”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya