Mike Dean (Reuters-Carl Recine)

Solopos.com, LONDON - Michael "Mike" Dean batal menjadi ofisial keempat pada duel Chelsea versus Tottenham Hotspur di Stamford Bridge, London, Kamis (28/2/2019) dini hari WIB. Gara-garanya, wasit berusia 50 tahun itu berkonfrontasi dengan pelatih Spurs, Mauricio Pochettino, saat Harry Kane dkk. menelan kekalahan 1-2 dari Burnley di Turf Moor, akhir pekan lalu.

Penyelenggara Liga Premier Inggris sepertinya tidak ingin Dean kembali berseteru ketika bertemu Pochettino pada Derby London tengah pekan ini. Oleh karena itu mereka mencoret Dean yang sudah dijadwalkan menjadi ofisial keempat dalam duel di Stamford Bridge nanti. Posisi Dean lantas akan digantikan Kevin Friend.

Dean sebenarnya kerap memimpin laga-laga Spurs. Uniknya, Spurs menelan sembilan kekalahan dalam 15 laga ketika Dean berada di lapangan. Pochettino sendiri tidak bisa bebas dari tuduhan setelah cekcok dengan Dean seusai timnya takluk di kandang Burnley. Pelatih asal Argentina ini didakwa bersalah atas sikapnya. Tapi, dia masih diberi kesempatan melakukan banding hingga Kamis pukul 18.00 waktu setempat.

"Saya akan terima segala yang diputuskan Federasi Sepak Bola Inggris (FA) namun saya harap mereka tidak memberatkan," ujar Pochettino beberapa waktu lalu, seperti dilansir skysports.com, Selasa (26/2/2019).

Keputusan operator Liga Premier Inggris mencoret Dean sebagai ofisial keempat Derby London sendiri dinilai tidak masuk akal. Hal itu disampaikan mantan wasit Liga Premier, Mark Clattenburg, dalam kolomnya pada dailymail.co.uk.

Menurut Clattenburg perubahan susunan ofisial pertandingan ditentukan minimal tujuh hari sebelum laga. Jika laga dimainkan akhir pekan, maka perubahan jajaran wasit diumumkan, Senin. Sedangkan apabila laga digelar tengah pekan, maka pengumuman dilakukan tujuh hari sebelumnya.

"Tidak masuk akal mengganti Mike Dean sebagai ofisial keempat saat Spurs bertandang ke Chelsea dalam waktu mepet seperti ini setelah dia berseteru dengan Mauricio Pochettino," ujar Clattenburg. 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten