Tutup Iklan

Wasit Lokal Kerap Jadi Kambing Hitam, PSSI Tak Akan Gunakan Tenaga Asing di Liga 1 2019

Kinerja wasit Indonesia kerap menjadi sorotan dan kambing hitam atas karut marutnya pertandingan di Liga 1. Kendati demikian, PSSI memastikan jika Liga 1 musim 2019 nanti tetap akan menggunakan jasa wasit dalam negeri dan bukan wasit dari luar negeri atau wasit asing.

Wasit Lokal Kerap Jadi Kambing Hitam, PSSI Tak Akan Gunakan Tenaga Asing di Liga 1 2019

SOLOPOS.COM - Ilustrasi wasit asing. (Reuters-Kai Pfaffenbach)

Solopos.com, SEMARANG — Kinerja wasit Indonesia kerap menjadi sorotan dan kambing hitam atas karut marutnya pertandingan di Liga 1. Kendati demikian, PSSI memastikan jika Liga 1 musim 2019 nanti tetap akan menggunakan jasa wasit dalam negeri dan bukan wasit dari luar negeri atau wasit asing.

Hal itu disampaikan Pelaksana tugas (Plt.) Ketua Umum (Ketum) PSSI, Gusti Randa, saat dijumpai wartawan di sebuah rumah makan di Kota Semarang, Rabu (3/4/2014).

Gusti Randa tidak menampik jika banyak wasit yang jadi kambing hitam dan sorotan publik karena diduga menjadi aktor match fixing atau pengaturan skor. Meski demikian, ia tetap percaya dengan kinerja wasit dalam negeri terutama untuk memimpin pertandingan di kompetisi papan atas persepakbolaan Tanah Air, yakni Liga 1.

“Tidak, keputusannya tetap menggunakan wasit kita [bukan wasit asing]. Nanti yang akan kita ubah soal rekrutmennya, seperti lisensi. Toh, selama ini kita juga sudah menggelar kerja sama dengan Japanese League terkait lisensi dan rekrutmen,” ujar Gusti Randa.

Sementara terkait jadwal, Gusti Randa memastikan jika kick off Liga 1 akan digelar 8 Mei mendatang. Meski demikian, ia belum bisa memastikan lokasi pembukaan Liga 1 musim 2019 nanti.

“Itu nanti kewenangan PT LIB [Liga Indonesia Baru] untuk menentukan venue pembukaannya. Tapi, pastinya Liga 1 dimulai 8 Mei nanti dan digelar malam hari karena bertepatan dengan bulan puasa,” imbuh Gusti Randa.

Gusti Randa menambahkan dalam waktu dekat ini pihaknya juga akan menggelar rapat dengan klub-klub Liga 1 terkait perubahan dalam regulasi kompetisi musim 2019. Perubahan itu selain berkaitan dengan penugasan wasit juga tentang jadwal, dan tanggung jawab panitia penyelenggara (panpel) pertandingan.

“Berkaca dari penyelenggaraan musim lalu, ada beberapa yang perlu kita perbaiki. Seperti kewenangan panpel saat pertandingan, seperti perimeter kewenangannya. Jangan sampai perimeter yang menguntungkan panpel mau, tapi saat ada keributan lepas tangan. Selain itu terkait jadwal, jangan sampai jadwal liga bertabrakan dengan timnas,” terang Gusti Randa.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Dipastikan Aman, Pengemudi Perahu Wisata di WGM Wonogiri Punya Lisensi

Operator perahu wisata di WGM Wonogiri dipastikan sudah berlisensi dan mengerti standar keselamatan.

Masih Tinggi, Harga Daging Ayam di Solo Capai Rp45.000/Kg

Harga sejumlah komoditas harga pangan, termasuk daging ayam, masih tinggi di pasar tradisional di Kota Solo setelah momen Lebaran.

Sejarah Kelam Waduk Kedung Ombo hingga Jadi Tempat Wisata

Waduk Kedung Ombo yang membentang di tiga kabupaten di wilayah Jawa Tengah yakni Sragen, Boyolali, dan Grobogan, memiliki sejarah panjang.

87 Kasus Positif Covid-19 Muncul Sepekan Terakhir Di Sukoharjo, Mayoritas Klaster Keluarga

Sebanyak 87 kasus konfirmasi positif Covid-19 muncul di Sukoharjo dalam sepekan terakhir atau saat libur Lebaran dengan dominasi klaster keluarga

Dagangan Sepi, Bakul Siomai Nekat Bobol 5 Sekolah di Grobogan

Bakul siomai ini mengaku barang curian dari sekolah dasar tersebut dijual secara online.

Mengenal Glass Block, Material Penerang Ruangan dan Penjaga Privasi 

Glass block atau disebut juga dengan blok kaca merupakan material yang terbuat dari kaca tebal, tapi tampilannya tidak tembus pandang sehingga berbeda ketimbang kaca biasa.

Hari Pertama Buka Setelah Lebaran, Wisata WGM Wonogiri Langsung Ramai Pengunjung

Pengunjung objek wisata Waduk Gajah Munngkur atau WGM Wonogiri terpantau ramai ada hari pertama buka setelah Lebaran, Senin (17/5/2021).

Tidak Sekadar Gaya, Øje Eyewear Bagikan 4 Manfaat Kacamata Hitam bagi Kesehatan Mata

Øje Eyewear menghadirkan sederet koleksi kacamata hitam stylish dengan harga yang terjangkau.

Selain Klaten, AirNav Solo Dapat Info Balon Udara Terlihat Di Jaten Karanganyar

Selain di wilayah Delanggu, Klaten, AirNav Solo mendapat informasi ada balon udara yang melintas di wilayah Jaten, Karanganyar.

Aturan Lepas Masker Bisakah Diterapkan di Indonesia?

CDC menyatakan rekomendasi lepas masker itu bisa saja tidak dilakukan apabila ada protokol kesehatan yang berbeda.

Nekat Beraksi di Kestalan Solo Saat Libur Lebaran, 4 PSK Digaruk Polisi

Empat PSK yang nekat beraktivitas di Kestalan pada momen libur Lebaran 2021 digaruk aparat Polresta Solo.

2 Mutasi Baru Virus Corona Ditemukan di Jatim, Menkes Minta Tracing Ditingkatkan

Mutasi baru virus Corona dari Afrika Selatan dan London ditemukan di Jawa Timur. Menkes minta tracing pasien Covid-19 ditingkatkan.