SOLOPOS.COM - Berita yang memuat kesalahan foto dan caption di Harian Washington Post (Twitter.com/@anandasukarlan)

Washington Post salah identifikasi foto Presiden Jokowi.

Solopos.com, JAKARTA — Juliet Eilprin, penulis berita kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Amerika Serikat (AS) di surat kabar The Washington Post, berjanji akan mengoreksi kesalahan caption foto dalam wartanya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagaimana dilansir Okezone, Selasa (27/10/2015), salah seorang warga negara Indonesia (WNI) bernama Achmad Anugerah dalam akun sosial medianya menampilkan balasan surat elektronik (email) dari Juliet Eilperin yang dikirimkan dari Washington DC, pada Selasa pagi waktu setempat.

Ekspedisi Mudik 2024

Sebelumnya, Achmad Anugerah menuliskan email kepada Juliet Eilperin terkait kesalahan identifikasi foto yang sebetulnya Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacud,  tapi dituliskan sebagai Presiden Jokowi.

Achmad Anugerah menuliskan: According with the article that you created about the Indonesian President’s visit to the United States in Washington Post, photos in your article is the Defense Minister of Indonesia, Ryamizard Ryacudu. [Berdasarkan artikel yang Anda tulis tentang kunjungan Presiden Indonesia ke Amerika Serikat di Washington Post, foto pada artikel Anda adalah Menteri Pertahanan Indonesia, Ryamizard Ryacud]

Tidak berselang lama Juliet Eilperin menjawab email tersebut yakni: Thanks, Getty, which provided the photo and caption made a mistake. I did’t see the photo until this morning, and we will run a print correction.

[Terima kasih, Getty, yang menyediakan foto dan caption membuat kesalahan. Saya tidak tahu fotonya hingga pagi ini, dan kami akan melakukan koreksi cetakan].

Sebelumnya, surat kabar ternama di AS The Washington Post, Selasa, salah mengidentifikasi foto Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu sebagai Presiden Jokowi. Washington Post edisi Selasa, menurunkan berita tentang kedatangan Presiden Jokowi ke AS yang dipercepat karena bencana asap di Indonesia.

Pada halaman A10, koran itu menampilkan foto Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu yang sedang hormat bendera di Pentagon pada Senin 27 Oktober 2015 di sisi kanannya, yakni Defense Secretary Ashton B. Carter.

Namun, pada caption foto pada berita tersebut disebutkan bahwa orang yang sedang melakukan hormat bendera adalah Presiden RI Jokowi. Pada caption berita tepatnya tertulis: “Indonesian President Joko Widodo salutes a color guard at the Pentagon on Monday. At right is Defense Secretary Ashton B. Carter” [Presiden Indonesia Joko Widodo hormat bendera di Pentagon pada Senin. Sebelah kanan adalah Defense Secretary Ashton B. Carter].

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya