SOLOPOS.COM - Serin Rayner-Davies. (Istimewa/Metro.co.uk)

Kondisi OCD yang dialami perempuan bernama Serin membuat hidupnya lebih repot dibanding orang kebanyakan.

Solopos.com, SOMERSET – Mengalami kondisi Obsessive Compulsive Disorder (OCD), seorang perempuan bernama Serin Rayner-Davies mengaku harus mencuci rambut hingga 72 kali sehari. Kondisi ini sudah dialaminya sejak usia 7 tahun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir Dailymail, Jumat (25/8/2017), perempuan asal Somerset, Inggris ini menurutkan kondisi OCD membuatnya kesulitan.  Sering terus merasa was-was dengan segala hal yang ia lakukan. Bahkan untuk keluar dari rumah pun butuh waktu yang lama karena ketakutan yang ia percaya.

Serin menceritakan bagaimana dia membutuhkan waktu lama untuk meninggalkan rumah. “saya akan masuk dan keluar dari ambang pintu dan saya sangat khawatir orang tua saya akan meninggal jika saya tidak masuk dan keluar dari pintu ini,” katanya.

Semakin dewasa, rasa was-was yang dialaminya semakin bertambah dan menjadi-jadi. Serin mencuci rambut sebanyak 72 kali dan mencuci bajunya sebanyak 15 kali setiap harinya. Bahkan untuk sekadar mencuci tangan, dia bisa melakukannya sebanyak 200 kali.

Untungnya, Serin yang kini sudah menikah dan mendapatkan dukungan dari orang tuanya terutama sang ayah Denys Rayner. “Rasanya seperti hidup di neraka,” ujar Rayner menggambarkan apa yang putrinya alami.

OCD adalah jenis gangguan kecemasan di mana seseorang memiliki pikiran dan ketakutan yang tidak masuk akal (obsesi). Dampaknya ia bisa melakukan sesuatu secara berulang-ulang sampai terasa “sempurna”.

OCD biasanya sulit untuk disembuhkan dan seorang pasien bisa membutuhkan pengobatan sepanjang hidup. Pengobatan OCD yang ada saat ini hanya membantu pasien mengendalikan gejala sehingga mereka tidak terganggu kehidupan sehari-harinya.

Dua perawatan utama untuk OCD antara lain psikoterapi dan obat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya