Wartawan Solopos.com Raih Juara II Anugerah Pewarta Astra 2019

Wartawan Solopos.com, Abdul Jalil, meraih juara II dalam ajang Anugerah Pewarta Astra (APA) 2019 kategori wartawan.

 Jurnalis Solopos.com, Abdul Jalil. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Jurnalis Solopos.com, Abdul Jalil. (Istimewa)

Solopos.com, MADIUN — Wartawan Solopos.com, Abdul Jalil, berhasil meraih juara II dalam ajang Anugerah Pewarta Astra (APA) 2019 kategori wartawan.

Melalui karya jurnalistiknya berjudul Menjaga Ekosistem Lewat Pertanian Organik di Mojokerto, Jalil sukses menyisihkan seratusan jurnalis lainnya lainnya. Sementara juara I diraih oleh Rosalia Ernaningtyas dari JayakartaNews.com dan juara III diraih Agung Purwandono dari Krjogja.com.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Anugerah Pewarta Astra 2019 merupakan ajang yang diselenggarakan oleh PT Astra International Tbk berkolaborasi dengan Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) dengan kategori peserta umum dan wartawan. Selain menyelenggarakan APA 2019, Astra dan Perhumas juga menyelenggarakan Lomba Foto Astra (LFA) yang pesertanya dari kalangan umum dan wartawan.

Kepengurusan MLKI Kota Madiun 2020-2025 Dilantik

Pengumuman pemenang APA 2019 dan LFA 2019 digelar secara online melalui akun YouTube SATU Indonesia, Kamis (12/3/2020) malam.

Chief of Corporate Affairs Astra, Pongki pamungkas, mengatakan Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2019 dibuka sejak 16 September hingga 31 Desember 2019. LFA dan APA ini merupakan lomba yang rutin diselenggarakan setiap tahun oleh Astra.

“Selain memberikan apresiasi kepada rekan wartawan maupun masyarakat umum dan blogger, kedua lomba tersebut diharapkan dapat mengungkap ikon-ikon yang menjadi kebanggan bangsa di kancah global,” kata dia yang dikutip dalam press release.

Akan Jadi Lorong Seni, Bangunan di Atas Saluran Jl. Perintis Kemerdekaan Kota Madiun Dibongkar

Ketua Umum Perhumas Agung Laksamana menyampaikan keterlibatan Perhumas dalam LFA dan APA 2019 ini merupakan kolaborasi perdana bersama Astra. Tujuannya untuk mendorong masyarakat dalam menggiatkan Indonesia bicara baik.

“Adanya karya-karya dari para pemenang, citra kearifan lokal dan budaya, dapat menjadi ikon kebanggaan bangsa yang patut dilestarikan,” jelas Agung Laksamana.

Lomba Foto Astra yang telah memasuki tahun ke-11 ini menjaring 3.249 peserta dan mengumpulkan 10.659 karya foto. Peserta tersebut terdiri dari 2.990 kategori umum dan 239 kategori wartawan.

Sedangkan lomba menulis Anugerah Pewarta Astra yang telah memasuki tahun ke-5 ini diikuti 500 peserta. Dengan rincian 359 peserta umum dan 141 peserta wartawan dengan jumlah artikel yang terkumpul sebanyak 299.

Seluruh karya foto dan artikel diseleksi dan dikurasi oleh para juri dari masing-masing kategori. Dewan juri LFA 2019 yaitu Chief Associated Press Dita Alangkara, Fotografer Nasional Barry Kusuma, dan VP Design Asuransi Astra Fitra Pranadjadja.

Sedangkan dewan juri APA 2019 yaitu Pemimpin Redaksi Suara.com Suwarjono, Head Division Komunitas Kompas Budi Swarna, perwakilan Perhumas Nia Sarinastiti, serta penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2014 bidang pendidikan Irwan Bajang.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Olimpiade Informatika Sekaligus Belajar Seni dan Budaya Indonesia

      + PLUS Olimpiade Informatika Sekaligus Belajar Seni dan Budaya Indonesia

      Penyelenggaraan International Olympiad in Informatics (IOI) 2022 di Kota Jogja, Provinsi Daerah Instimewa Yogyakarta, 7-15 Agustus 2022, menjadi arena pengenalan aneka ragam kesenian Indonesia kepada dunia.

      Berita Terkini

      Uniknya Tari Keling, Pemainnya Harus dari Dusun di Ponorogo

      Mengenal tari keling yang menjadi salah satu tari tradisional di Kabupaten Ponorogo.

      Jelang HUT Ke-77 RI, Lokomotif KA Dicuci & Dihias Bertema Kemerdekaan

      Menjelang HUT ke-77 Republik Indonesia, Komunitas Pecinta Kereta Api Lingkup Madiun atau Pecel +63 mencuci dan menghias lokomotif kereta api.

      Karyawan Disekap, Bos Perusahaan di Surabaya Dilaporkan ke Polisi

      Direktur Utama (Dirut) PT Meratus Line, Slamet Rahardjo, diduga menyekap seorang karyawannya bernama, Edi Setyawan.

      Terbanyak untuk Honor Panitia, Anggaran Pilkada Gunungkidul Rp73 Miliar

      Anggaran Pilkada 2024 di Kabupaten Gunungkidul diperkirakan mencapai Rp73 miliar.

      Tak Kuat Nanjak, Bus Pariwisata Angkut 28 Siswa di Malang Masuk Jurang

      Sebuah bus pariwisata yang mengangkut 28 siswa Mts mengalami kecelakaan, terperosok ke jurang di Desa Plandi, Wonosari, Kabupaten Malang.

      Baru Muncul ke Publik, Istri Mas Bechi Ternyata Habis Melahirkan

      Durottun Mahsunnah, istri Mas Bechi, terdakwa kasus pencabulan santriwati di Jombang, mengaku baru bisa muncul di depan publik karena baru saja melahirkan anak keempat.

      Istri Mas Bechi Sebut Banyak Pelakor yang Ingin Rebut Suaminya

      Durrotun Mahsunnah, istri anak kiai Jombang yang menjadi terdakwa kasus pencabulan dan kekerasan seksual terhadap santri, MSAT atau Mas Bechi, menyebut suaminya banyak disukai wanita.

      Siapkan Payung! Prakiraan Cuaca Madiun Sabtu: Hujan Tipis Siang Hari

      Berikut ini prakiraan cuaca di Kota Madiun pada Sabtu 13 Agustus 2022.

      Forum Beasiswa Indonesia Gelar Kongres Ke-2, Bahas Isu Kontroversi Ini

      Komite Forum Beasiswa Indonesia menggelar Kongres Beasiswa Indonesia Ke-2 pada tanggal 19-23 Agustus 2022.

      Jelang HUT Ke-77 RI, Pemkot Madiun Bagikan 5000 Bendera Merah Putih

      Pemkot Madiun bagikan 5000 bendera merah putih kepada warga menjelang perayaan HUT Kemerdekaan ke-77 RI.

      Tampil di Publik, Istri Mas Bechi Sebut Suaminya hanya Korban Fitnah

      Durrotun Mahsunnah, istri terdakwa kasus pencabulan Moch Subchi Azal Tsani (MSAT) alias Mas Bechi, berbicara mengenai kasus pencabulan yang menjerat suaminya.

      Suap "Ketok Palu" APBD, KPK Tahan Mantan Wakil Ketua DPRD Tulungagung

      Komisi Pemberantasan Korupsi menahan mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung, Agus Budiarto, sebagai tersangka dalam kasus suap "ketok palu" APBD.

      Uniknya Bersih Desa di Madiun, Sembelih Kambing Kendit untuk Tolak Bala

      Masyarakat di Dusun Ngrawan, Desa/Kecamatan Dolopo, Madiun, menyembelih kambing kendit dalam tradisi bersih desa.

      Didampingi 3 Kuasa Hukum, Gus Samsudin Diperiksa terkait Pesulap Merah

      Pimpinan Padepokan Nur Dzat Sejati Blitar, Samsudin Jadab atau Gus Samsudin, mendatangi Polda Jawa Timur untuk menjalani pemeriksaan, Jumat (12/8/2022).

      Lahir dari Rahim NU, Ini Sejarah Berdirinya Perguruan Silat Pagar Nusa

      Berikut ini sejarah berdirinya perguruan silat Pagar Nusa.