Wartawan Solopos.com Raih Juara II Anugerah Pewarta Astra 2019
Jurnalis Solopos.com, Abdul Jalil. (Istimewa)

Solopos.com, MADIUN — Wartawan Solopos.com, Abdul Jalil, berhasil meraih juara II dalam ajang Anugerah Pewarta Astra (APA) 2019 kategori wartawan.

Melalui karya jurnalistiknya berjudul Menjaga Ekosistem Lewat Pertanian Organik di Mojokerto, Jalil sukses menyisihkan seratusan jurnalis lainnya lainnya. Sementara juara I diraih oleh Rosalia Ernaningtyas dari JayakartaNews.com dan juara III diraih Agung Purwandono dari Krjogja.com.

Anugerah Pewarta Astra 2019 merupakan ajang yang diselenggarakan oleh PT Astra International Tbk berkolaborasi dengan Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) dengan kategori peserta umum dan wartawan. Selain menyelenggarakan APA 2019, Astra dan Perhumas juga menyelenggarakan Lomba Foto Astra (LFA) yang pesertanya dari kalangan umum dan wartawan.

Kepengurusan MLKI Kota Madiun 2020-2025 Dilantik

Pengumuman pemenang APA 2019 dan LFA 2019 digelar secara online melalui akun YouTube SATU Indonesia, Kamis (12/3/2020) malam.

Chief of Corporate Affairs Astra, Pongki pamungkas, mengatakan Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2019 dibuka sejak 16 September hingga 31 Desember 2019. LFA dan APA ini merupakan lomba yang rutin diselenggarakan setiap tahun oleh Astra.

“Selain memberikan apresiasi kepada rekan wartawan maupun masyarakat umum dan blogger, kedua lomba tersebut diharapkan dapat mengungkap ikon-ikon yang menjadi kebanggan bangsa di kancah global,” kata dia yang dikutip dalam press release.

Akan Jadi Lorong Seni, Bangunan di Atas Saluran Jl. Perintis Kemerdekaan Kota Madiun Dibongkar

Ketua Umum Perhumas Agung Laksamana menyampaikan keterlibatan Perhumas dalam LFA dan APA 2019 ini merupakan kolaborasi perdana bersama Astra. Tujuannya untuk mendorong masyarakat dalam menggiatkan Indonesia bicara baik.

“Adanya karya-karya dari para pemenang, citra kearifan lokal dan budaya, dapat menjadi ikon kebanggaan bangsa yang patut dilestarikan,” jelas Agung Laksamana.

Lomba Foto Astra yang telah memasuki tahun ke-11 ini menjaring 3.249 peserta dan mengumpulkan 10.659 karya foto. Peserta tersebut terdiri dari 2.990 kategori umum dan 239 kategori wartawan.

Sedangkan lomba menulis Anugerah Pewarta Astra yang telah memasuki tahun ke-5 ini diikuti 500 peserta. Dengan rincian 359 peserta umum dan 141 peserta wartawan dengan jumlah artikel yang terkumpul sebanyak 299.

Seluruh karya foto dan artikel diseleksi dan dikurasi oleh para juri dari masing-masing kategori. Dewan juri LFA 2019 yaitu Chief Associated Press Dita Alangkara, Fotografer Nasional Barry Kusuma, dan VP Design Asuransi Astra Fitra Pranadjadja.

Sedangkan dewan juri APA 2019 yaitu Pemimpin Redaksi Suara.com Suwarjono, Head Division Komunitas Kompas Budi Swarna, perwakilan Perhumas Nia Sarinastiti, serta penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2014 bidang pendidikan Irwan Bajang.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho