SOLOPOS.COM - Kim Jong-Un (kanan), pemimpin Korea Utara kerap manfaatkan media untuk propaganda politik. (Businessinsider.com)

Solopos.com, PYONGYANG – Presiden Korea Utara, Kim Jong-Un memang raja viral internet. Sebuah kabar menghebohkan di negeri itu mengklaim keponakan sang pemimpin negara berhasil mendaratkan diri di matahari. Namun berita tersebut diakui oleh sang penulis sebagai berita bohong.

Mendarat di bulan barangkali sudah lazim didengar. Tapi bagaimana jika mendarat di matahari, tentu akan jadi kabar yang menghebohkan. Salah satu surat kabar Korea Utara, Waterford Whispers News, seperti dikutip dari News.com.au, Senin (27/1/2014) memberitakan astronot bernama Hung Il Gong telah mendarat di matahari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Langkah ini tentu membuat media sosial di negara itu geger. Hung Il dikenal sebagai keponakan pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un.

Ekspedisi Mudik 2024

Surat kabar itu menulis, Hung berhasil bolak-balik matahari rumah dalam waktu kurang dalam satu hari. Disebutkan jika astronout tersebut bisa kembali ke rumahnya tepat pada waktu makan malam. Hal ini menandakan perjalanan pulang pergi dari Bumi ke Matahari ini dilakukan dalam waktu kurang dari satu hari.

Artikel tersebut berikan keberhasilan Korea Utara dalam mendaratkan manusia di Matahari. Selain itu, surat kabar ini juga menyebutkan Hung Il Gong hanya butuh waktu 4 jam untuk mencapai Matahari dan keseluruhan misi ini hanya berlangsung selama sekitar 18 jam.

Astronout ini dikatakan berhasil sampai ke Matahari dalam waktu 4 jam saja karena melakukan perjalanan dengan menggunakan roket yang dirancang khusus yang diluncurkan pada saat malam hari.

Sambil menjelajahi angkasa dan pusat tata surya, astronout ini dikabarkan mengumpulkan sampel benda dari permukaan Matahari yang digunakan sebagai hadiah untuk sang presiden.

Softpedia, Selasa (28/1/2014), menulis propaganda Kore Utara dalam berita ini akhirnya terbongkar. Penulis artikel tersebut mengakui sendiri bahwa telah menyebar berita bohong. Sang jurnalis mendapati desakan dari seluruh rakyat negara tersebut sebelum akhirnya mengakui dosanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya