SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Tokyo [SPFM], Para wartawan diizinkan masuk ke dalam pembangkit nuklir Fukushima di Jepang untuk pertama kainya sejak pembangkit itu rusak akibat gempa dan tsunami bulan Maret lalu. Seorang wartawan dari kantor berita Associated Press menggambarkan apa yang ia lihat, yakni truk-truk yang terguling, gedung reaktor yang nyaris ambruk dan puing-puing yang tidak tersentuh sejak tsunami terjadi. Pemerintah sebelumnya menolak permintaan wartawan untuk mengunjungi reaktor karena khawatir level radiasi yang terlalu tinggi. Namun kini kunjungan wartawan diperbolehkan untuk menunjukkan situasi di pembangkit yang sudah mulai stabil.

Para wartawan didampingi oleh menteri yang bertanggung jawab atas operasi pembersihan, Goshi Hosono. Pemerintah setempat berharap dapat menutup reaktor yang rusak pada akhir tahun. Namun diperkirakan diperlukan waktu berpuluh tahun untuk menutup pembangkit itu secara total. Dari enam reaktor yang ada di Fukushima, empat diantaranya rusak berat akibat tsunami. [MIOL/dev]

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya