Warning untuk Wonogiri, Tingkat Tes Covid-19 Kok Cuma 7 Persen?
Ilustrasi perjalanan dengan bus dari Jakarta ke Wonogiri.(Solopos/M. Aris Munandar)

Solopos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, menegur sejumlah bupati dan wali kota dengan tingkat tes Covid-19 yang terlalu rendah, salah satunya Kabupaten Wonogiri.

Tingkat tes Covid-19 di kabupaten di sisi selatan Jateng tersebut tercatat baru 7 persen. Capaian ini hanya sama dengan Kabupaten Banjarnegara. Selebihnya, Wonogiri berada di bawah sebagian besar kota dan kabupaten lainnya di Jateng.

Selain Wonogiri, Kabupaten Sragen juga menjadi sorotan. Hal itu karena tingkat tes Covid-19 di kabupaten itu baru 27 persen.

10 Berita Terpopuler : Deretan Artis Ini Juga Jadi PNS

Peringatan Ganjar kepada bupati dan wali kota di Jateng terkait tingkat tes Covid-19 tersebut disampaikan di Gradhika Bhakti Praja, Senin (28/9/2020).

Ganjar meminta bupati dan wali kota, termasuk di Wonogiri, untuk memperbanyak tes guna memutus mata rantai persebaran Covid-19.

“Tolong testing ditingkatkan. Jangan khawatir dengan peningkatan kasus dan jangan khawatir soal citra. Kami akan bantu dari sini. Jadi tolong ini bisa menjadi perhatian,” ujar Ganjar saat rapat virtual terkait penanganan Covid-19, Senin.

49 Orang Jalani Swab Test Covid-19 di Karanganyar, Di Antaranya Nakes

Di Bawah 20 Persen

Berdasarkan data Pemprov Jateng, tingkat pengambilan spesimen atau tingkat tes Covid-19 masih di bawah 20%. Beberapa daerah yang di bawah 20% itu antara lain Kabupaten Wonogiri (7%), Banjarnegara (7%), Purbalingga (18%), dan Grobogan (17%).

Sementara itu, beberapa daerah yang tingkat tes kurang dari 50% yakni Temanggung (46%), Wonosobo (27%), Purworejo (33%), Kabupaten Pekalongan (28%), Pemalang (21%), dan Brebes (29%). Selanjutnya, Kabupaten Semarang (33%), Pati (36%), Rembang (24%), Blora (25%), Kudus (32%), dan Sragen (27%).

Solopos Hari Ini: Turunkan Harga, Tambah Tes

Ganjar mengaku siap membantu daerah, termasuk Wonogiri dan Sragen, jika ada kesulitan meningkatkan tingkat tes Covid-19. “Saya minta laporan harian, biar kita tahu apa kesulitannya dan apa masalahnya,” imbuhnya.

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, kasus Covid-19 di Wonogiri terbilang rendah dibandingkan kota atau kabupaten lainnya di Soloraya.

Kasus terkonfirmasi Covid-19 tercatat hanya 256 kasus, jauh di bawah kota atau kabupaten lain di Soloraya. Sejauh ini, tes Covid-19 di Wonogiri menyasar masyarakat yang baru saja melakukan perjalanan luar kota, di luar masyarakat yang memeriksakan diri lantaran sakit.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom