SOLOPOS.COM - Warga Palestina menggelar aksi di Tembok Perbatasan. (Liputan6.com)

Solopos.com, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu), Retno Marsudi, menegaskan Indonesia akan terus mendukung perjuangan rakyat Palestina.

Mengutip Liputan6.com, Jumat (14/5/2021), Menlu menyebut Presiden Joko Widodo bahkan telah menyampaikan tindakan Israel mengusir warga Palestina dari Syeikh Jabbar, Yerusalem Timur, dan menyerang warga sipil di Masjid Al Aqsa, merupakan tindakan yang tidak dapat dibiarkan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagian besar masyarakat Indonesia pun mendukung langkah pemerintah. Di hari kedua Lebaran, seruan tagar INA Stands With Palestine (#INAStandsWithPalestine) menjadi trending topic di Twitter, Jumat (14/5/2021). Hingga berita ini naik, ada lebih dari 23.000 cuitan bernada dukungan untuk warga Palestina yang menyematkan tagar #INAStandsWithPalestine.

Baca Juga : Inilah Gadis Palestina yang Tersenyum Saat Ditangkap Tentara Israel

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan, Indonesia mengutuk tindakan pengusiran paksa warga Palestina dari Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur disertai kekerasan terhadap warga sipil Palestina di Masjid Al-Aqsa. Dia menekankan kejadian tersebut tidak boleh diabaikan.

"Indonesia mengutuk tindakan tersebut dan mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil tindakan atas pelanggaran berulang yang dilakukan oleh Israel.  Indonesia akan terus berpihak pada rakyat Palestina," kata Jokowi melalui akun Twitternya @jokowi, Senin (10/5/2021).

Sebelumnya dilaporkan bentrokan meletus antara pengunjuk rasa Palestina dan polisi Israel di luar Kota Tua Yerusalem pada Sabtu 8 Mei 2021, ketika puluhan ribu jamaah Muslim bersembahyang pada malam suci Islam Lailatul Qadar.

Baca Juga : Rumah Sakit Indonesia Remuk Dihantam Rudal Israel

Sedikitnya 80 orang terluka, termasuk anak di bawah umur dan satu tahun, dan 14 orang dibawa ke rumah sakit, menurut Bulan Sabit Merah Palestina. Sementara polisi Israel mengatakan satu petugas terluka.

Ketegangan meningkat di kota itu sepanjang bulan suci Ramadan, di tengah meningkatnya kemarahan atas potensi pengusiran warga Palestina dari rumah-rumah mereka di Yerusalem---tanah yang diklaim oleh pemukim Yahudi.

Di Jalur Gaza Palestina, ratusan pengunjuk rasa berkumpul di sepanjang perbatasan dengan Israel. Militer Israel mengatakan massa melemparkan ban dan petasan yang terbakar ke arah pasukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya