Sales Director PT Pelangi Surya Persada (PSP) Jogja, Cunduk Bagus Sudarwono (kanan), memaparkan materi tentang layanan Internet masyarakat di Pendapa Rumah Dinas Bupati kompleks Setda Wonogiri, Selasa (26/11/2019). (Solopos-Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri menggandeng PT Pelangi Surya Persada (PSP) Jogja untuk mengatasi wilayah blank spot atau tanpa sinyal Internet.

Perusahaan tersebut akan menyediakan jaringan Internet yang bisa diakses warga dengan biaya Rp25.000/bulan.

Hal itu terungkap dalam sosialisasi layanan Internet masyarakat (LIM) di Pendapa Rumah Dinas Bupati kompleks Sekretariat Daerah (Setda) di kawasan kota Wonogiri, Selasa (26/11/2019).

Sales Director PT PSP, Cunduk Bagus Sudarwono, saat ditemui eusai kegiatan mengatakan investasi yang dikeluarkan perusahaannya Rp20 miliar-Rp30 miliar untuk mewujudkan LIM di Wonogiri. Dia menargetkan layanan Internet dapat dimanfaatkan pertengahan 2020.

Ramai Artis & Youtuber Pamer Saldo Rekening Jumbo, Begini Komentar Menkeu

Dia menjelaskan seluruh wilayah Wonogiri akan terkaver jaringan Internet. Warga hanya cukup membeli voucher Rp25.000 berlaku sebulan. Dengan dana itu warga sudah bisa mengakses Internet dengan kecepatan rata-rata 1 mbps/device tanpa batasan kuota.

Sindiran Keras Hotman Paris Buat Agnez Mo

Warga dapat menggunakannya untuk mengakses media sosial (medsos) atau berselancar menggunakan mesin peramban di telepon selular (ponsel). Voucher bisa dibeli di toko atau tempat lainnya yang dikelola badan usaha milik (BUM) desa mitra PT PSP.

Khasiat Habbatussauda Diklaim Sembuhkan Segala Penyakit Kecuali Kematian

Cara mengaktifkannya hanya dengan mengaktifkan wifi di ponsel. Selanjutnya pengguna dapat menggunakan jaringan PT PSP dengan memasukkan kata kunci yang tertera di voucher.

Kamera Iphone 11 Pro Max Kalah Sama Xiaomi

“Kami sudah mengetes dengan menggunakan unifi [alat pemancar sinyal] di salah satu wilayah blank spot di Bubakan, Girimarto. Tesnya dengan melakukan panggilan video antara warga dengan Pak Edy Santoso [Wakil Bupati] saat sosialisasi tadi. Hasilnya bagus, hambatan-hambatan yang ada [seperti suara kurang jernih] bisa diatasi,” kata Bagus.

Dia melanjutkan realisasi akan diawali dengan pembangunan berbagai fasilitas pendukung, seperti tower pemancar dan penangkap sinyal.

Whatsapp Bikin Baterai Smartphone-mu Boros? Mungkin Ini Sebabnya

Bagus menegaskan jaringannya tak akan mengganggu jaringan lain yang sudah ada. Warga justru akan bisa membandingkan akan nyaman menggunakan jaringan lama atau jaringan PT PSP.

Sebelum dikomersialkan, PT PSP akan menguji coba selama sebulan. Selama masa itu warga dapat menggunakan jaringan secara gratis.

Pohon Berdaun Merah di Mojogedang Karanganyar Mendadak Viral

“Kami akan bekerja sama dengan seluruh BUM desa di Wonogiri. BUM desa akan berperan sebagai penyedia voucher. BUM desa akan mendapatkan Rp5.000 dari hasil penjualan setiap voucher,” imbuh Bagus.

Tips Siapkan Anak Agar Tak Iri dengan Kehadiran Adik Baru

Harga Iphone 11 Resmi di Indonesia: Paling Mahal Rp27 Jutaan

Bupati Wonogiri Joko Sutopo menyambut baik langkah yang dilakukan PT PSP. Namun, dia menyoroti minimnya BUM desa yang aktif. Dia mencatat dari 144 BUM desa yang terbentuk hanya 49 yang aktif.

Terkuak! Ini Rahasia Pijat Alat Vital Ala Mak Erot

Dia meminta masalah tersebut diatasi, agar seluruh BUM desa ke depan bisa diajak bekerja sama.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten