Tutup Iklan

Warga Wonogiri Diingatkan Bahaya Pinjol Ilegal, Pastikan Legal & Logis

Jika warga telanjur meminjam lalu mendapatkan ancaman dari debt collector, mereka bisa melaporkannya kepada polisi.

 Kapolres Wonogiri, AKBP Dydit Dwi Susanto (kiri), meminta keterangan PPH, 36, tersangka kasus kekerasan seksual sesama jenis saat gelar tersangka dan barang bukti di Mapolres, Jumat (10/9/2021). (Solopos/Rudi Hartono)

SOLOPOS.COM - Kapolres Wonogiri, AKBP Dydit Dwi Susanto (kiri), meminta keterangan PPH, 36, tersangka kasus kekerasan seksual sesama jenis saat gelar tersangka dan barang bukti di Mapolres, Jumat (10/9/2021). (Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI—Warga diminta waspada dengan pinjaman online (pinjol) terutama yang ilegal lantaran menawarkan kemudahan pinjaman. Bahkan, jika warga telanjur meminjam lalu mendapatkan ancaman dari debt collector, mereka bisa melaporkannya kepada polisi.

Kali terakhir Wonogiri digegerkan dengan aksi WI, 38, yang nekat mengakhiri hidupnya dengan gantung diri. Alasan ibu rumah tangga asal Dusun Kedungrejo RT 002 RW 005, Desa Selomarto, Kecamatan Giriwoyo, ini bunuh diri ini diduga depresi atas teror pinjol yang dialaminya

Kapolres Wonogiri, AKBP Dydit Dwi Susanto, mengimbau agar masyarakat berhati-hati saat akan melakukan pinjaman melalui pinjol. Masyarakat diminta mengecek terlebih dahulu apakah pinjol itu legal atau tidak. “Tolong dicek dulu legalitasnya. Saat ini banyak pinjol ilegal,” kata dia, kepada wartawan, Selasa (12/10/2021).

Baca Juga: Nabila, Bocah Wonogiri Berjualan di Jalan Terima Bantuan Pemdes

Kapolres mengingatkan masyarakat tidah mudah terayu dengan pinjol yang menawarkan pinjaman cepat, terutama yang ilegal. Di sisi lain, masyarakat yang benar-benar membutuhkan uang harus bijaksana sebelum mengajukan pinjaman, terlebih melalui pinjol.

Jeratan pinjol ini berdampak besar tidak hanya bagi si peminjam, tetapi keluarga, dan rekan-rekannya. Di samping itu, banyak diinformasikan melalui media sosial jika penagihan pinjol dilakukan dengan kata-kata yang cenderung kasar hingga mengancam. Alhasil, warga yang berutang merasa diteror.

“Silakan saja dilaporkan jika sampai ada ancaman atau teror yang diterima dari debt collector atau sebagainya. Lapor saja ke kantor polisi terdekat. Ini bisa masuk ranah pidana,” imbuh Dydit.

Baca Juga: Unik, Bayi di Wonogiri Ini Diberi Nama ‘N’…Clio

Meskipun begitu, selama ini pihaknya belum pernah mendapatkan laporan dari masyarakat soal ancaman atau teror dari penagih hutang khususnya kasus pinjol. Ada kemungkinan, warga malu jika harus melaporkan masalah utang piutangnya.

 

Pengaduan Pinjol Ilegal

Sebelumnya, Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI), Tongam L Tobing, dalam focus group discussion (FGD) dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional III Jawa Tengah dan DIY beberapa waktu lalu menjelaskan akses penyampaian laporan pengaduan pinjol ilegal melalui Polda dan Polres seluruh Indonesia atau melalui situs https://patrolisiber.id dan info@cyber.polri.go.id.

Apabila sudah telanjur pinjam pinjol ilegal, maka segera dilunasi atau laporkan ke satgas waspada investasi melalui surel waspadainvestasi@ojk.go.id. Apabila sudah jatuh tempo dan tidak mampu bayar, ajukan restrukturisasi berupa pengurangan bunga, perpanjangan jangka waktu, dan penghapusan denda.

Baca Juga: Raih Emas di PON XX Papua, Pesilat Klaten Incar Tiket SEA Games Vietnam

“Kami mengimbau masyarakat untuk memastikan 2L, yakni logis dan legal. Harus diidentifikasi apakah penawaran produk yang disampaikan oleh pelaku usaha, masuk akal dan sesuai dengan kebiasaan atau peraturan yang berlaku serta mengidentifikasi apakah pelaku usaha dimaksud telah mendapatkan legalitas dari otoritas yang berwenang,” jelas dia.


Berita Terkait

Espos Plus

Pembahasan RUU PDP Belum Rampung, Kominfo Fokus Sosialisasi dan Edukasi

+ PLUS Pembahasan RUU PDP Belum Rampung, Kominfo Fokus Sosialisasi dan Edukasi

Progres terbaru dari pembahasan RUU PDP adalah pembahasan format lembaga pengawas yang akan bertanggung jawab menangani perkara perlindungan data pribadi hingga kini belum final.

Berita Terkini

23 Adegan Rekonstruksi Ungkap Proses Pembuangan Bayi Nguter Sukoharjo

Polisi menggelar rekonstruksi yang terdiri atas 23 adegan proses pembuangan mayat bayi dalam kardus di Desa Pondok, Kecamatan Nguter, Sukoharjo.

PPKM Level 3 Batal, PHRI Karanganyar Harap Kebijakan Tidak Berubah Lagi

Pembatalan PPKM level 3 disambut positif oleh pelaku usaha pariwisata di Karanganyar. Mereka berharap kebijakan ini bisa mengangkat ekonomi khususnya di sektor pariwisata.

Akui Salah, Bakul Tengkleng Viral Solo Baru Mulai Benahi Cara Berjualan

Bakul tengkleng di Solo Baru, Sukoharjo, yang viral gara-gara review jelek warganet mengakui salah dan mulai berbenah dan mengubah cara berjualannya.

Kebijakan Soal Awal Semester Genap Sekolah di Karanganyar Bisa Berubah

Disdikbud Karanganyar untuk sementara masih menetapkan kebijakan awal semester genap sekolah dimajukan pada 20 Desember 2021.

Habis Bongkar Madu, Sopir Truk Gunungkidul Meninggal di Karangpandan

Sopir truk asal Gunungkidul, DIY, mengeluhkan gejala seperti masuk angin saat menginap di Tawangmangu, Karanganyar, sesuai membongkar muatan madu. Ia kemudian meninggal tak lama setelahnya.

Dinilai Lebih Aman, PLN Solo Dorong Industri Akses Layanan Premium

PLN UP3 Solo mendorong industri mengakses layanan premium guna menjamin pasokan listrik yang minim gangguan.

PLN Solo: Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Bakal Terus Ditambah

PLN Solo berusaha mendorong terwujudnya ekosistem kendaraan listrik dengan terus menambah jumlah stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, UT Pionir Pembelajaran Jarak Jauh

Universitas Terbuka (UT) menjadi pionir perguruan tinggi yang menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh di Indonesia

BIN Sisir Ampel Boyolali untuk Vaksin Warga dari Pintu ke Pintu

Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah (Jateng) kembali menggenjot vaksinasi di Kecamatan Ampel, Boyolali.

Wajib Dikunjungi, Kota Solo Ternyata Punya 18 Museum Lho

Dinas Kebudayaan Kota Solo meluncurkan gerakan wajib kunjung museum baik museum milik pemerintah maupun swasta, khususnya bagi pelajar.

Terjangkau, Segini Tarif Liburan di Desa Wisata Sumberbulu Karanganyar

Desa Wisata Sumberbulu di Desa Pendem, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar menawarkan beragam wisata komplet dengan tarif sangat terjangkau.

Keren, Desa Wisata Sumberbulu Karanganyar Raih Juara I ADWI 2021

Desa Wisata Sumberbulu di Desa Pendem, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar meraih Juara I kategori Suvenir dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 dari Kemenparekraf.

7 Desa Wisata Jateng Meraih Penghargaan ADWI 2021, 2 dari Soloraya!

Ini daftar tujuh desa di Jawa Tengah (Jateng) yang memperoleh penghargaan pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 di Jakarta, Selasa (7/12/2021).

Selamat! Desa Wisata Sangiran Sragen Raih Penghargaan Kategori Homestay

Desa Wisata Sangiran, Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Sragen, berhasil meraih Peringkat 5 Kategori Homestay pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 di Jakarta, Selasa (7/12/2021).

Waduh, 1 Ekskavator Tenggelam Sedalam 3 Meter di Rawa Jombor Klaten

Satu ekskavator yang beroperasi di Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, terguling dan tenggelam di kedalaman 3 meter.