SOLOPOS.COM - Pelaksanaan Musrenbang di Wonogiri. (Istimewa/Kabupaten Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI — Pemkab Wonogiri telah menggelar musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Rabu (30/3/2022). Hasil dari pembahasan tersebut, terdapat enam prioritas pembangunan yang akan direalisasikan Pemkab setempat.

Dilansir dari laman wonogirikab.go.id, Rabu (19/10/2022), Musrenbang saat itu digelar dengan tema Peningkatan Kesejahteraan dan Perekonomian Masyarakat Didukung Penguatan Daya Saing Sumber Daya Manusia. Di kesempatan itu, Wakil Bupati (Wabup) Wonogiri, Setyo Sukarno, menyampaikan terdapat enam agenda utama pembangunan di Kabupaten Sukses, antara lain:

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

1. Kabupaten Wonogiri yang maju dan berdaya saing.

2. Peningkatan percepatan pengurangan kemiskinan serta pengangguran.

3. Peningkatan kualitas hidup serta kapasitas sumber daya manusia (SDM).

Baca Juga: Perhatikan 3 Hal Ini agar Daerahmu Jadi Desa Wisata di Wonogiri

4. Pengembangan infrastruktur sarana prasarana dasar.

5. Penguatan kapasitas serta daya saing ekonomi rakyat dengan tetap memperhatikan keberlanjutan lingkungan hidup dan risiko bencana.

6. Pemantapan tata kelola pemerintahan serta kondusifitas wilayah dan peningkatan kapasitas fiskal daerah dan pengurangan kesenjangan wilayah di Kabupaten Wonogiri.

Setyo menuturkan jika Pemkab Wonogiri pada dasarnya juga masih harus menghadapi sejumlah persoalan besar dalam pembangunan.

Baca Juga: Tak Harus Alam, Desa di Wonogiri Bisa Manfaatkan Sumber Lain untuk Desa Wisata

“Sebagaimana telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Wonogiri Tahun 2021-2026 yang sudah ditetapkan dengan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2021 bahwa ada tujuh permasalahan besar yang harus dihadapi dan diselesaikan Pemkab secara bersama sebagai wujud pertanggung jawaban kepada rakyat,” jelas Setyo.

Ketujuh poin yang disampaikan Setyo Sukoarno itu, terdiri atas keberlanjutan pembangunan dengan memperhatikan daya dukung lingkungan dan kelestarian sumber daya alam, tata kelola pemerintahan dan kondusivitas antarwilayah, peningkatan daya saing ekonomi dan kesempatan berusaha, pembangunan pertanian dan kedaulatan pangan, kesenjangan wilayah, penanggulangan kemiskinan, peningkatan kualitas sumber daya alam (SDM).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya