SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Espos)--Problem warga pengungsian yang meninggalkan barak pengungsian mulai bermunculan. Warga di Desa Tlogowatu, Kemalang mengaku mulai kekurangan kebutuhan makan sehari-hari lantaran perekonimian mereka masih lumpuh.

Sebagian dari mereka bahkan berencana akan kembali ke pengungsian lantaran tak ada bantuan yang masuk ke desa mereka.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sawah dan ladang belum bisa ditanami. Warga sudah kehabisan uang,” kata salah satu relawan yang mendampi warga Tlogowatu, Kemalang, Nurcahyo yang ditemui Espos di Posko Pengungsian Balaidesa, Kraguman, Jogonalan, Klaten, Kamis (25/11).

Ekspedisi Mudik 2024

Warga Tlogowatu yang kekurangan bahan makanan itu, imbuh Nurcahyo, tersebar di sejumlah dusun. Mereka terus kembali naik turun menuju posko-posko pengungsian demi meminta-minta sumbangan makanan buat keluarganya yang ditinggal di rumah.

“Mereka itu tak dibekali logistik sama sekali selain sisa roti kering ketika pulang ke rumahnya. Akibatnya, mereka sekarang kebingungan lantaran tak ada bekal dan sisa makanan di rumah,” terangnya.

Koordinator relawan dari Ikatan Putra Dearah Klaten (IPDK), Kirin Siswo Riyanto menambahkan, selain logistik warga juga kekurangan stok air bersih.
Menurut Kirin, banyak warga di sana yang terhambat akses informasi lantaran ketika mereka meminta-minta logistik kerap ditolak lantaran tak memiliki pengantar dari Camat.

Hal itulah yang membuat warga di sana terabaikan lantaran keberadaannya yang tak terjangkau.

“Padahal, untuk mendapatkan bantuan logistik harus minta surat kepada Camat. Nah, informasi seperti itu jelas tak mereka ketahui,” ucap dia.

Saat ini, Kirin bersama relawan lainnya tengah menghimpun logistik untuk langsung disalurkan kepada warga langsung di Desa Tlogowatu.

“Kami ingin menjembatani warga yang terhambat akses itu. Mereka harus makan segera tanpa terikat oleh prosedural birokrasi yang panjang,” lanjut dia.

asa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya