SOLOPOS.COM - Foto UIN Sunan Kalijaga JIBI/Harian Jogja/Antara

Foto UIN Sunan Kalijaga
JIBI/Harian Jogja/Antara

JOGJA-Delegasi Thailand Selatan melakukan kunjungan ke Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Kamis (30/5), dalam upaya meningkatkan hubungan kerjasama di bidang pendidikan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Delegasi Thailand yang berjumlah sekitar 60 orang tersebut terdiri atas pemerintah, tokoh masyarakat serta warga Thailand Selatan.

Sekjen Pusat Pemerintahan Provinsi Perbatasan Thailand Selatan (The Southern Border Province Administrative Centre/SBPAC), Lertkiat Wongpotipun dalam kunjungannya tersebut mengatakan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kali Jaga dapat menjadi salah satu perguruan tinggi Islam di Indonesia yang berkontribusi di bidang pendidikan untuk Thailand.

“Sekarang jumlah mahasiswa thailand yang ada di UIN Sunan Kali Jaga mencapai 90 orang. Perguruan tinggi ini cukup berperan dalam peningkatan khazanah di bidang pendidikan dan keislaman,” katanya.

Dengan adanya kerjasama yang telah terjalin lama dengan UIN Sunan Kali Jaga, Ia ingin meningkatkan hubungan itu dengan mengusulkan adanya Thailand Corner di perguruan tinggi negeri itu.

“Kami ingin mengusulkan bagaimana jika dibuat Thailand corner. Sehingga mahasiswa atau masyarakat Indonesia juga dapat belajar banyak tentang Thailand dan sebaliknya,” katanya.

Lebih jauh, menurut Wongpotipun, peningkatan kerjasama dengan UIN Sunan Kali Jaga dimaksudkan dapat meningkatkan pendidikan khususnya khazanah Islam di Thailand. Sehingga diharapkan juga dapat menghindari bahkan menyelesaikan konflik yang ada di perbatasan Thailand Selatan.

“Kami berpendapat bahwa pendidikanlah yang dapat menyelesaikan konflik di perbatasan Thailand Selatan,” katanya.

Wongpotipun mengatakan, kunjungan delegasi Thailand Selatan ke UIN Sunan Kali Jaga merupakan bagian dari agenda yang telah diatur dalam kerjasama antara Kementerian Agama (Kemenag) RI dengan pemerintah Thailand.

Melalui kerja sama itu, Kemenag RI juga memberikan beasiswa bagi 50 mahasiswa Thailand untuk melanjutkan jenjang strata 2 dan strata 3 di beberapa perguruan tinggi di Indonesia dan pertukaran guru bahasa.

Sementara itu, Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Sunan Kalijaga Jogja, Muharram menyambut baik upaya peningkatan kerjasa dengan masyarakat Thailand Selatan.

“Kerja sama ini sudah terjalin lama, banyak mahasiswa Thailand Selatan belajar di sini,”katanya.

Ia juga menyetujui usulan pihak Thailand untuk membuat Thailand Corner.”Usulan itu bagus seperti halnya corner-corner dari berbagai negara yang telah ada di UIN,”katanya.

Setelah menungjungi UIN Sunan Kalijaga, rombongan delegasi thailand tersebut juga akan berkunjung ke Pondok Pesantren Krapyak Jogja serta bertamu ke kediaman Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya