Warga Terpapar Covid-19 di Wonogiri Ditempatkan di Isolasi Terpusat

Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wonogiri sudah membuat satu tempat isolasi terpusat, yakni di Gedung PGRI Kecamatan Wonogiri.

 Warga yang menjalani isolasi terpusat di Gedung PGRI Wonogiri berjemur di halaman, Kamis (5/8/2021). (Solopos.com/Rudi Hartono)

SOLOPOS.COM - Warga yang menjalani isolasi terpusat di Gedung PGRI Wonogiri berjemur di halaman, Kamis (5/8/2021). (Solopos.com/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI — Warga Kabupaten Wonogiri terpapar Covid-19 yang tak dirawat di rumah sakit kini diisolasi secara terpusat, mulai Senin (2/8/2021) lalu.

Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Wonogiri sudah membuat satu tempat isolasi terpusat (isoter). Yakni di Gedung PGRI, Kelurahan Giriwono, Kecamatan Wonogiri. Satgas bakal membuat tempat yang sama di kecamatan lain agar bisa mengaver seluruh warga yang isolasi mandiri.

Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 yang juga Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, kepada Solopos.com, Kamis (5/8/2021), menyampaikan isoter dibuat untuk menekan tingkat penularan Covid-19 varian delta.

Menurut epidemiolog, tingkat infeksius Covid-19 delta minimal 1:8 atau satu orang terinfeksi dapat menularkan virus kepada delapan orang. Covid-19 delta juga cepat menular. Warga terinfeksi Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri masih berpotensi menularkan virus. Terlebih, isolasinya berada di satu rumah dengan anggota keluarga lain.

“Langkah Pemkab Wonogiri membuat isolasi terpusat ini sejalan dengan instruksi pemerintah,” kata Bupati yang akrab disapa Jekek itu saat dihubungi.

Baca juga: Kawasan Perbatasan Wonogiri-Sukoharjo Bisa Jadi Simpul Ekonomi dan Pusat Bisnis Baru

Dia melanjutkan, isolasi terpusat tidak memungkinkan disentralkan dalam satu lokasi lantaran wilayah Wonogiri luas. Rencananya isoter dibuat di masing-masing kecamatan eks-distrik agar bisa mengaver seluruh kecamatan. Satu isoter untuk mengaver warga dari empat hingga enam kecamatan.

Saat ini sudah ada satu isoter yang difungsikan, yakni di Gedung PGRI. Gedung itu dapat menampung 84 orang dari Kecamatan Wonogiri, Selogiri, Ngadirojo, Wuryantoro, Manyaran, dan Eromoko. Hingga Kamis terdapat 41 warga yang menjalani isolasi di gedung tersebut sejak Senin lalu.

“Gedung PGRI sejak awal memang kami siapkan untuk isoter saat kasus meningkat. Persiapan itu dilakukan saat kasus di Wonogiri, Selogiri, dan Wuryantoro cukup tinggi. Karena kebutuhan fisik dan nonfisik sudah siap, Gedung PGRI kami fungsikan sebagai tempat isoter mulai Senin lalu,” imbuh Bupati.

Baca juga: Pendekar Sukoharjo Mendapat Vaksinasi Bareng Ribuan Warga

Isolasi Terpusat Lainnya di Wonogiri

Satgas saat ini sedang menyiapkan tempat di eks-distrik lainnya yang kemungkinan menggunakan gedung SMP. Penentuan tempat isoter mempertimbangkan jumlah warga yang saat ini isolasi mandiri. Bupati mencatat hingga Rabu (4/8/2021) ada 524 warga yang menjalani isolasi mandiri.

Isolasi terpusat lain di Wonogiri akan dibuat, seperti di Kecamatan Jatisrono untuk mengaver warga dari kecamatan tersebut. Yakni Jatipurno, Sidoharjo, dan Jatiroto. Kemudian satgas juga sedang menyiapkan tempat isoter di Kecamatan Giritontro.

“Satgas masih menginventariasi semua hal yang diperlukan untuk mengetahui lokasi mana saja yang bisa dijadikan tempat isoter. Satgas mendata peralatan yang dibutuhkan, SDM [sumber daya manusia], dan lainnya. Gedung SMP bisa digunakan karena sekarang masih pembelajaran jarak jauh,” ulas Bupati.

Baca juga: Gubernur Ganjar Jamin Stok Vaksin Jateng Ditambah Setiap Pekan

Dia menilai, tantangan terbesar yang dihadapi bukan mempersiapkan hal bersifat fisik, tetapi memberi pemahaman kepada warga yang menjalani isolasi mandiri dan keluarganya. Satgas Covid-19 Wonogiri pendekatan humanis dan mendorong warga terpapar Covid-19 agar bersedia ditempatkan di isolasi terpusat.

“Kami memberi pemahaman bahwa menjalani isolasi terpusat lebih terawasi dari pada isolasi di rumah, baik dari sisi kesehatan maupun konsumsi. Nakes [tenaga kesehatan] selalu siaga di lokasi isoter bersama petugas lain, seperti sukarelawan, personel TNI, dan polisi. Nakes siap menangani warga yang mengalami gejala. Jika membutuhkan penanganan lebih lanjut warga langsung dirujuk ke rumah sakit. Semua operasional ini ditanggung pemerintah. Warga sama sekali tak dibebani biaya,” terang Bupati.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Waluyo, yang berjaga di isolasi terpusat Gedung PGRI Wonogiri menginformasikan hingga Kamis warga yang isolasi di gedung tersebut sebanyak 41 orang. Terdiri atas remaja hingga orang dewasa. Awalnya ada 44 orang, tetapi ada tiga warga yang harus dirujuk ke rumah sakit lantaran perlu mendapat penanganan lebih intensif.

 

 

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

Jadi Tersangka Kerumunan di Jakarta, Bos HTK Tidak Ditahan

Pihaknya tidak menahan JAS karena ancaman hukumannya di bawah 5 tahun penjara.

Atta Halilintar Datangi Mapolres Jaksel Malam Tadi, Ada Apa?

Konten kreator Savas Fresh menuduhkan masalah utang ke orang lain,

Sejoli Tipu-Tipu Arisan Online Investasi, Gunakan Selebgram untuk Gaet Peserta

Setiap anggota harus mengikuti arisan mulai Rp1 juta sampai Rp15 juta agar bisa ikut skema investasi.

Pembangunan Pabrik Baterai Mobil Listrik Ditarget Selesai sebelum Jokowi Lengser

Kerja sama investasi pembangunan pabrik baterai di Indonesia dilakukan dengan dua negara yaitu LG Chem asal Korea Selatan, dan CATL asal China.

Setahun, Harta Wagub Naik Hampir Rp40 Miliar, Koleksi 72 Unit Kendaraan

Jika dihitung, kekayaan Ijeck dalam setahun, 2019-2020, naik sekitar Rp39,7 miliar.

Salut! Polisi Madiun Angkat 100 Anak Yatim Piatu Korban Covid-19

Dari 166 anak yatim piatu korban Covid-19, 100 di antaranya diangkat menjadi anak asuh anggota Satlantas Polres Madiun Kota.

Chopperland Jokowi Menghilang dari LHKPN, Kok Bisa?

Pada LHKPN terbaru, Jokowi tercatat memiliki alat transportasi dan mesin sebanyak 8 unit.

Haduh! Dua Cincin Nyangkut di Alat Kelamin Suami, Kok Bisa Sih?

Waduh seorang suami di Malaysia harus dilarikan ke rumah sakit karena alat kelami atau penisnya tersangkut dua buah cincin.

Ansari Kadir, Dulu Sering Gagal Bisnis Kini Punya 100 Outlet

Kini Sang Pisang telah memiliki 100 outlet termasuk di Malaysia.

Gubernur Anies Larang Rokok Dipajang, Produsen Menjerit

Seruan Gubernur direalisasikan dalam bentuk penindakan oleh Satpol PP DKI Jakarta.

Pemerintah Targetkan Ekspor Mobil Listrik di Tahun 2022

Infrastruktur dasar KIT Batang selesai sejak Mei 2021, pembangunan fasilitas recycle, cathode, dan precursor dimulai akhir tahun ini.

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

118,36 Juta Dosis Telah Disuntikkan, Pemerintah Terus Upayakan Akselerasi Vaksinasi

Akselerasi vaksinasi baik dalam hal distribusi maupun pelaksanaannya terus dilakukan Pemerintah.

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Indonesia membeli lisensi desain kapal perang jenis frigat yang akan dibuat oleh PT PAL di Surabaya. Desain yang dipilih adalah Arrowhead 140 dari Babcock, Inggris, yang berbobot lebih dari 5.000 ton dan akan menjadi kapal frigat terbesar Indonesia.

Buntut Buka-Bukaan Soal Gaji, Krisdayanti Dipanggil Fraksi PDIP, Diberi Sanksi?

Krisdayanti dipanggil Fraksi PDIP DPR RI untuk dimintai klarifikasi terkait pernyataannya soal gaji DPR yang membuat heboh.