Tutup Iklan

Warga Terpanggil Penuhi Kebutuhan Remaja Wonogiri yang Diperkosa Ayah Tiri

Warga bahu membahu membantu pemenuhan kebutuhan korban dan keluarga termasuk dalam urusan pertanian.

 Ilustrasi pemerkosaan (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemerkosaan (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, WONOGIRI — Masyarakat desa tempat tinggal korban kejahatan seksual terhadap anak di Kecamatan Eromoko, Wonogiri, bergotong-royong memulihkan kondisi korban baik sosial maupun mental.

Sebelumnya, NA, 17, perempuan korban pemerkosaan oleh ayah tirinya, dikabarkan diusir oleh warga setempat. Warga membantah tudingan itu. Justru sebaliknya, warga bahu membahu membantu pemenuhan kebutuhan korban dan keluarga termasuk dalam urusan pertanian.

Partisipasi masyarakat dalam mendukung pemulihan korban ditunjukkan dengan bahu-membahu menggarap lahan pertanian keluarga korban. Saat ini, di Kecamatan Eromoko, masyarakat sedang mulai masa tanam jagung. Masyarakat yang peduli kepada keluarga yang sedang kesulitan itu lantas mengolah lahan milik keluarga korban hingga selesai menebar benih jagung.

2 Psikolog Dampingi ABG Korban Perkosaan Ayah Tiri di Wonogiri

“Jadi tanah [keluarga korban] digarap bareng-bareng warga sampai selesai menanam jagungnya,” kata Camat Eromoko, Danang Erawanto, saat dihubungi Solopos.com, Jumat (13/12/2019).

Kepedulian masyarakat juga terlihat saat keluarga korban mengalami kekurangan air bersih. Masyarakat lantas bersama-sama ikut mencarikan air tangki untuk disalurkan ke rumah keluarga korban. Masyarakat juga membantu kebutuhannya mulai dari makanan dan lainnya.

Derita ABG Wonogiri Diperkosa Lagi Oleh Paman Usai Curhat Diperkosa Ayah Tiri

“Masyarakat sudah bisa memahami kondisi korban dan keluarga. Mereka merasa empati dan terpanggil untuk membantu pemulihan korban,” imbuh dia.

Terkait kabar pengusiran korban, Camat menyatakan kabar itu tidak benar. Yang terjadi malah sebaliknya, warga bersama-sama membantu korban dan keluarga untuk proses pemulihannya.

ABG Wonogiri Diperkosa Ayah Tiri Dikabarkan Diusir Warga, Begini Penjelasan Kadus

“Sekarang kondisi korban dalam keadaan aman di safe house. Ia berada dalam pengasuhan yang tepat,” ujar Danang.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, NA menjadi korban pemerkosaan oleh ayah tirinya sendiri, SH, 34. Aksi bejat SH itu dilakukan sejak korban masih duduk di bangku kelas IX SMP pada 2018. Kini korban yang masih berstatus pelajar kelas XI SMA dalam keadaan hamil lima bulan. Mirisnya, NA juga menjadi korban pemerkosaan oleh S, 35, saudara dari ayah tirinya.


Berita Terkait

Berita Terkini

UMK Wonogiri Naik 0,07%, SPSI: Harusnya Lebih dari Inflasi 1%

UMK Wonogiri naik sekitar 0,07% disbanding tahun lalu.

Masalah Adminduk Persulit Advokasi Orang dengan HIV/AIDS di Wonogiri

Masalah administrasi kependudukan mempersulit Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Wonogiri untuk mengadvokasi orang dengan HIV/AIDS.

Sukses di Bendosari, Bazar Tani Ditiru 11 Kecamatan Lain Se-Sukoharjo

Kecamatan Bendosari dianggap sukses menggelar bazar tani sehingga Distankan Sukoharjo meminta semua kecamatan mengadakan kegiatan serupa.

Naik Kelas Tipe C, RS Waras Wiris Andong Boyolali Berbenah

Saat ini, RS memiliki kapasitas 101 tempat tidur, fasilitas CT Scan 128 slide, rontgen panoramic hingga USG 4 Dimensi.

Jalan Setapak ke Situs Watu Genuk Kragilan Boyolali bakal Dicor

Hasil ekskavasi yang digelar Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah lalu membikin peluang pengembangan kawasan wisata di sana makin terbuka.

Makin Wah, Tirto Mili Klaten bakal Dilengkapi Embung dan Pulau Buatan

Pemancingan Tirto Mili di Desa Pasung, Wedi, Klaten, bakal ditingkatkan dengan membangun embung dilengkapi pulau buatan.

KSP Sejahtera Bersama Solo Bermasalah, Anggota Minta Atensi Pemerintah

Pemerintah diharapkan bisa hadir dan membantu memberikan solusi atas kasus gagal bayar koperasi simpan pinjam seperti yang terjadi di KSP Sejahtera Bersama Solo.

Optimalkan Pajak Galian C, Pemkab Klaten Gandeng Desa di Lereng Merapi

Bupati Klaten Sri Mulyani berharap warga ikut membantu mengendalikan aktivitas pertambangan galian C.

Umur Kurang 1 Bulan, Perempuan Menangis Gagal Daftar Perdes Wonogiri 

Seorang perempuan warga Pokoh Kidul sampai menangis tidak bisa mendaftar perangkat desa sebab umurnya kurang satu bulan.

Pasar Legi Solo Segera Ditempati, Gibran: Aturannya bakal Lebih Ketat!

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan akan membuat aturan baru yang lebih ketat di Pasar Legi untuk mencegah terulangnya kebakaran pada 2018 lalu.

Pakar Pengupahan UNS Solo: Penetapan UMK 2022 Untungkan Pengusaha

Pakar pengupahan yang juga akademisi UNS Solo menilai penetapan UMK 2022 yang berdasarkan PP No 36 lebih berpihak pada kalangan pengusaha ketimbang pekerja.

Ini Poin-Poin SE Wali Kota Solo Terkait Pengetatan Jelang Libur Nataru

SE Wali Kota Solo tentang PPKM yang terbit pada Selasa (30/11/2021) mengatur sejumlah pengetatan aktivitas masyarakat sebagai antisipasi libur Nataru.

Pelaku Begal Payudara di Klaten Ditangkap, Mengaku Beraksi 10 Kali

Pelaku berinisial F, 31, warga Kecamatan Klaten Tengah, ditangkap di rumahnya, Selasa (30/11/2021) pagi.

Keseruan Berebut Ayam dalam Tradisi Mondosio Pancot Tawangmangu

Pelepasan ayam menjadi ciri khas yang hanya ada dalam tradisi Mondosio yang digelar di Dusun Pancot, Kelurahan Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar.

PLN bakal Bangun Stasiun Pengisi Daya Kendaraan Listrik di Solo Baru

PLN menargetkan ekosistem kendaraan listrik di Soloraya terbentuk pada 2026, salah satu upayanya dengan membangun stasiun pengisi daya di Solo Baru, Sukoharjo.