SOLOPOS.COM - Petugas gabungan mengevakuasi Sukisno, 79, warga Desa Mayungan, Kecamatan Ngawen yang tercebur sumur di rumahnya, Minggu (25/9/2022). (Istimewa/Satpol PP dan Damkar Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Evakuasi warga Desa Mayungan, Kecamatan Ngawen yang tercebur sumur, Minggu (25/9/2022) pukul 14.40 WIB berlangsung lancar. Sukisno, 79, warga yang tercebur ke dasar sumur itu selamat meski tercebur sumur sedalam 13 meter.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, tim gabungan yang terlibat dalam penanganan itu, seperti tim Damkar, SAR, PMI, BPBD, dan sukarelawan desa bersama Polsek Klaten Utara. Mereka mendatangi lokasi untuk mengevakuasi korban. Sukisno berhasil dievakuasi dari dasar sumur sekitar pukul 16.05 WIB.

Promosi Acara Gathering Perkuat Kolaborasi Bank Sampah Binaan Pegadaian di Kota Padang

“Korban masih hidup, mengalami luka pada kaki kanan dan tangan kiri lecet. Korban dibawa ke rumah sakit menggunakan ambulans,” kata Kapolsek Klaten Utara, AKP Sugeng Handoko, Minggu.

Sebagaimana diketahui, kejadian itu bermula saat Sukisno berniat ke kamar mandi. Saat berjalan di dekat sumur, tiba-tiba tanah yang diinjak ambles. Sukisno lantas  terperosok hingga masuk ke dasar sumur.

Pria itu lantas berteriak meminta tolong dan didengar oleh istrinya, Rukajah, 71. Wanita itu lantas memanggil warga lainnya.

Baca Juga: Musim Kemarau, 4 Desa di Lereng Merapi Klaten Ini Mulai Minta Dropping Air

Saat warga mendekati sumur, Sukisno meminta diturunkan tangga. Lantaran terlampau dalam, warga meminta bantuan ke Damkar Klaten dan Polsek Klaten Utara.

Kabid Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten, Sumino, mengatakan kedalaman sumur sekitar 13 meter dengan diameter sekitar 1 meter.

“Proses evakuasi tidak mengalami kendala,” kata dia.

Salah satu anggota SAR Klaten, Agus Santosa, menjelaskan proses evakuasi menggunakan teknik high angle rescue techniques atau evakuasi korban di medan terjal.

Baca Juga: Waduh! 200 Keluarga di Jambakan Klaten Masih Terdampak Krisis Air Bersih

“Kendalanya pada kondisi medan yang sempit dan sumur yang rawan longsor dan rapuh,” jelas Agus.

Melihat evakuasi warga Mayungan yang tercebur ke dalam sumur itu berjalan lancar, warganet mengomentari kejadian tersebut.

Terimakasih orang baik atas jasamu. Semoga selalu dalam lindungan Tuhan,” tulis akun Instagram @septiyanjam27 mengomentari unggahan kejadian tersebut oleh @klaten_fire_rescue, Minggu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya