SOLOPOS.COM - Ilustrasi warga tenggelam (JIBI/Solopos/Dok)

Warga tenggelam di Karanganyar.

Solopos.com, KARANGANYAR — Seorang pemuda asal Dusun Mesen RT 003/RW 004, Desa Rejosari, Gondangrejo, Karanganyar, bernama Fajar Rahayu, hanyut terbawa arus Sungai Cemoro di Dusun Gemolong RT 004/RW 005 Krendowahono, Gondangrejo, Kamis (30/3/2017) sore.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Informasi yang dihimpun Solopos.com dari jejaring sukarelawan tanggap bencana Karanganyar, korban terpeleset dan terjatuh ke sungai saat bersama tiga temannya sedang berburu biawak di sekitar tempat kejadian. Sehari sebelumnya, empat sekawan tersebut melakukan perburuan yang sama dan berhasil menangkap seekor biawak di sekitar TKP.

Ekspedisi Mudik 2024

Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak, melalui Kapolsek Gondangrejo, AKP Sugeng Dwiyanto, saat dihubungi Solopos.com melalui telepon seluler (ponsel), Kamis, mengonfirmasi terjadinya laka air tersebut. Menurut dia hingga pukul 19.00 WIB korban belum berhasil ditemukan tim gabungan polisi, TNI, BPBD, relawan, dan warga.

Pencarian oleh tim gabungan dihentikan sementara saat situasi sudah gelap, dan akan dilanjutkan Jumat (31/3) pagi. Kapolsek menjelaskan korban terpeleset dan hanyut di sungai sekitar pukul 14.30 WIB. Saat itu korban dan tiga temannya sedang berusaha menyeberang dari bibir sungai sisi selatan (Karanganyar) ke utara (Kabupaten Sragen).

“Empat orang ini berusaha menyeberang ke sisi utara sungai. Korban berada di bagian paling depan. Nahas dia terjatuh dan saat bersamaan datang arus air dari atas [timur], dan korban pun terbawa arus,” tutur dia. Korban tidak bisa menyelamatkan diri lantaran di dekat dia terjatuh terdapat kedung [cekungan sungai).

AKP Sugeng menerangkan hingga malam hari arus Kali Cemoro deras dan tinggi, sehingga membahayakan bagi tim yang melakukan pencarian. Untuk mengindari jatuhnya korban, maka proses pencarian dihentikan sementara. “Ini kondisi arus sungai sangat deras karena ada kiriman air dari arah atas,” sambung dia.

Salah seorang personel SAR yang terlibat proses pencarian, Fauzan, mengatakan pencarian korban akan dilanjutkan Jumat sekitar pukul 06.00 WIB. Pencarian akan dilakukan dengan menyisir daerah aliran sungai dari titik jatuhnya korban, ke arah hilir. “Pencarian sementara korban belum ketemu, dilanjutkan besok,” terang dia.

Informasi yang diperoleh Espos ketiga teman korban yaitu Feri Irawan, 15, Risnani Indriyanto, 15, dan Mahesa Adhitya, 15. Mereka semua ada tetangga korban. Saat korban terpeleset ke sungai sebenarnya saksi Feri Irawan sudah berusaha menolong.

Saksi Feri berusaha menarik tangan korban. Tapi dia kalah dengan derasnya arus sungai. Sejurus kemudian ketiga teman korban berenang ke tepi sungai.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya