SOLOPOS.COM - Seorang warga memotret bunga mirip Rafflesia Arnoldo di sisi Selokan Mataram kawasan Sanggrahan, Maguwoharjo, Depok Sleman, Kamis (28/9/2017). (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja)

Masyarakat dihebohkan adanya bunga mirip Rafflesia Arnoldo di sisi Selokan Mataram kawasan Sanggrahan

Harianjogja.com, SLEMAN-Masyarakat dihebohkan adanya bunga mirip Rafflesia Arnoldo di sisi Selokan Mataram kawasan Sanggrahan, Maguwoharjo, Depok. Keberadaan bunga berwarna ungu ini menarik perhatian warga yang lewat maupun sengaja datang untuk menyaksikannya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kehebohan ini bermula dari salah satu unggahan di sosial media mengenai bunga dengan rupa yang sama dengan bunga bangkai khas Bengkulu ini. Ngateno, salah satu warga yang ditemui di lokasi menjelaskan sudah mendengar kabar heboh ini sejak empat hari silam.

Ekspedisi Mudik 2024

“Memang sengaja pengen lihat tapi katanya kemarin yang mekar sempurna, sekarang sudah agak layu” ujarnya pada wartawan, Kamis (28/9/2017).

Ia datang bersama anaknya yang berusia empat tahun untuk kemudian melihat dan memotret bunga itu. Selama 10 tahun tinggal di daerah itu, ia mengaku belum pernah melihat bunga ini maupun yang mirip dengannya. Karena itu ia sangat penasaran dengan keberadaan bunga itu.

Sementara itu, Endang, pemilik rumah dekat dengan bunga itu tumbuh mengatakan dirinya mengetahui soal bunga itu sekitar tiga malam lalu. “Ada banyak pemuda berkeliling, di foto-foto katanya mirip bunga bangkai,” jelas wanita ini.

Ia membenarkan banyak sekali masyarakat yang berdatangan untuk melihat langsung dan mendokumentasikannya, baik tua maupun muda.

Bahkan, masyarakat tetap datang di malam hari dengan berbekal penerangan. Meski demikian, ia meragukan jika bunga yang tumbuh di sisi jalan raya ini sebagai bunga bangkai. Pasalnya, bunga itu tidak mengeluarkan bau tidak sedap sebagaimana Rafflesia Arnoldi meskipun banyak dihinggapi lalat hijau.

Menurutnya, bunga itu kerap disebut tanaman Suwek atau Uwi yang sebenarnya sering mekar di daerah Prambanan. Wanita yang sudah puluhan tahun berdiam di daerah itu mengakui baru kali pertama melihat tanaman itu muncul di kawasan itu.

Bunga yang belum jenas jenisnya ini sudah nampak layu dan dikelilingi garis batas yang dipasang warga. Ada dua tunas tanaman serupa yang muncul di sekitarnya dan diperkirakan bakal ikut mekar dalam waktu dekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya