SOLOPOS.COM - Ilustrasi Tes Swab (Detik.com)

Solopos.com, JAKARTA -- Satgas Covid-19 Kabupaten Sikka melakukan rapid tes antigen terhadap warga yang ada di kerumunan saat kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Nusa Tenggara Timur (NTT) .

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretaris Daerah Kabupaten Sikka, Edmon Bura, mengatakan tim tracing Satgas Covid-19 melakukan rapid test antigen. Sasarannya adalah 109 warga di lima titik kerumunan Jokowi akhir pekan lalu.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

"Untuk hasilnya semua negatif, dan tadi pagi sesuai arahan Pak Bupati untuk lima hari berikut itu dilakukan lagi tesnya. Untuk orang yang sama atau orang yang berbeda, kami koordinasikan dulu dengan tim tracing," kata Edmon dalam keterangan tertulis yang diterima Detik.com, Selasa (2/3/2021).

Baca jugaJokowi Picu Kerumunan Massa di NTT, Begini Respons Ahli Kesehatan UI

Ekspedisi Mudik 2024

Edmon mengatakan ada lima tim yang dikerahkan di titik terjadi kerumunan. Titik pertama dimulai dari depan gapura bandara sekitar Hotel Permata Sari sampai SPBU Waioti dengan 18 warga. Titik kedua adalah dari SPBU Waioti sampai Terminal Lokaria sebanyak 24 warga. Ketiga, wilayah Terminal Lokaria sampai dengan Pasar Geliting sebanyak 22 warga.

Titik keempat rapid tes antigen adalah di Pasar Geliting hingga Waigete-Nangahale sebanyak 22 warga. Terakhir di pertigaan Nangahale hingga Bendungan Napun Gete sebanyak 23 warga.

Edmon mengatakan tim melakukan wawancara kepada warga. Kemudian warga bersedia untuk diambil sampel rapid tes antigen.

"Kami interview warga yang di situ, dari spot yang ada, ada beberapa pertanyaan kalau detailnya Satgas ya yang tahu. Kemudian warga ditanya kesediaan diambil sampelnya untuk rapid tes antigen," ujarnya.

Baca jugaTerdampak Pandemi, Ini 3 Langkah Sandiaga Uno Bangun Lagi Pariwisata

Warga Diimbau Aktif

Selain melakukan tracing, Edmon mengatakan Satgas Covid-19 juga mengimbau warga yang berada di kerumunan untuk mendatangi puskesmas terdekat. Satgas meminta warga melakukan rapid tes antigen yang diberikan secara gratis.

"Tracing tetap dilakukan di puskesmas masing-masing. Nanti ada tambahan pertanyaan, apakah ikut berkerumun atau tidak saat kunjungan presiden," katanya.

Sebelumnya, dalam video yang beredar, sejumlah warga tampak berkerumun mendekat ke arah mobil Presiden Jokowi. Mereka tampak ingin mengabadikan kedatangan Jokowi di NTT. Dari atas mobil, Jokowi juga sempat menyapa warga dengan melambaikan tangan. Jokowi juga terlihat mengingatkan warga untuk menggunakan masker. Selain itu, Jokowi membagikan suvenir kepada warga yang berkerumun.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya