SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Warga Semanggi, Pasar Kliwon memanfaatkan kuota tambahan jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) 2013 dengan mendaftarkan diri ke pihak kelurahan setempat. Para pendaftar kartu Jamkesmas mayoritas warga miskin yang tidak terkaver menerima kartu Jamkesmas 2012 lalu.

“Dengan kemunculan kuota Jamkesmas tambahan untuk Kota Solo sebanyak 14.000, banyak warga datang ke sini untuk mendaftarkan sebagai penerima Jamkesmas,” ujar Lurah Semanggi, Mahendra Nugrahadi, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Jumat (1/2/2013).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kendati banyak warga yang mendaftarkan diri sebagai peserta Jamkesmas, namun Mahendra tidak bisa menentukan apakah warganya dijamin mendapatkan kartu gratis untuk biaya pengobatan tersebut.

“Yang penting semua data kami terima. Nanti kita sampiakan ke Dinas Kesehatan Kota (DKK). Biar dari DKK yang menyeleksi. Dari pihak kelurahan hanya memberikan keterangan tidak mampu,” jelas Mahendra.

Selain permintaan kartu Jamkesmas, menurut Mahendra, banyak juga warga yang mengajukan pelayanan kesehatan masyarakat Solo (PKMS) gold. Mahendra menegaskan pengajuan PKMS gold dari warga karena sebelumnya tidak mendapatkan jatah kartu Jamkesmas.

“Ya memang saya sarankan dalam beberapa pertemuan untuk mengurus PKMS gold. Nah, surat edaran sosialisasi pengajuan Jamkesmas memang kami belum mendapat izin dari DKK. Biasanya warga tanya kemudian jawab bahwa ada penambahan kuota Jamkesmas, terus kami layani,” kata Mahendra.

Mahendra juga mengharapkan warganya pro aktif untuk menanyakan syarat pengajuan kartu Jamkesmas dan PKMS gold.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya