Warga Positif Covid-19 Mulai Berdatangan Ke GOR Gelarsena Klaten

Tempat isolasi terpusat GOR Gelarsena, Klaten, mulai terisi warga positif Covid-19 dengan gejala ringan dan sedang dari berbagai kecamatan.

 Tim gabungan mengecek kondisi GOR Gelarsena Klaten yang diubah menjadi tempat isolasi terpusat, Kamis (22/7/2021). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

SOLOPOS.COM - Tim gabungan mengecek kondisi GOR Gelarsena Klaten yang diubah menjadi tempat isolasi terpusat, Kamis (22/7/2021). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Tempat isolasi terpusat GOR Gelarsena Klaten mulai terisi warga positif Covid-19 tanpa gejala dan bergejala ringan. Hingga Kamis (22/7/2021) siang, ada 19 orang yang menjalani isolasi di GOR tersebut.

Mereka berasal dari 12 kecamatan yakni Juwiring 3 orang, Trucuk 1 orang, Klaten Utara 1 orang, Polanharjo 1 orang, Kalikotes 4 orang. Kemudian Klaten Selatan 2 orang, Ngawen 1 orang, Manisrenggo 1 orang, Wonosari 1 orang.

Berikutnya dari Pedan 1 orang, Jogonalan 1 orang, Kebonarum 1 orang, dan Karangdowo 1 orang. Seluruh pasien merupakan laki-laki.

Baca Juga: Hasil Survei, Pengguna Menyatakan Sangat Puas Layanan KPPN Klaten

Hal itu sesuai rencana pemanfaatan tempat isolasi terpusat di GOR Gelarsena Klaten yang khusus warga positif Covid-19 untuk laki-laki. Sementara Rumah Retret Panti Semedi khusus untuk pasien perempuan.

Ada tenaga kesehatan (nakes) yang berjaga selama 24 jam terbagi dalam tiga sif dengan setiap sif terdiri dari dua hingga tiga orang. Selain nakes, ada sukarelawan, Satpol PP, serta TNI dan Polri.

Salah satu nakes, Dita, mengatakan pasien mulai memasuki tempat isolasi di GOR Gelarsena pada Rabu (21/7/2021) pagi. Mereka diantar Satgas Covid-19 kecamatan masing-masing. Untuk sementara, tempat isolasi terpusat GOR belum dilengkapi fasilitas oksigen medis.

Baca Juga: Serbuan Vaksinasi Covid-19 di Polres Klaten Sasar 3.300 Warga

Dita mengatakan sebelum dibawa ke tempat isolasi terpusat di GOR Gelarsena, Klaten, ada pengecekan kondisi kesehatan warga yang positif Covid-19.

Tanpa Gejala Atau Gejala Ringan

“Kalau di sini untuk tanpa gejala dan gejala ringan. Yang saturasinya di bawah 95 tidak disarankan dibawa ke sini,” jelas Dita saat ditemui Solopos.com, Kamis (22/7/2021).

Nakes lainnya, Yuni, mengatakan komunikasi nakes dan warga yang isoman di GOR dilakukan melalui Whatsapp untuk meminimalkan kontak langsung. Namun, petugas secara rutin juga mengecek kondisi pasien termasuk memberi logistik kepada mereka. “Sampai saat ini tidak ada keluhan-keluhan,” katanya.

Sebelumnya, Tim Ahli Satgas Penanganan Covid-19 Klaten, Ronny Roekmito, mengatakan mobilisasi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah ke tempat isolasi terpusat mulai dimasifkan.

Baca Juga: Belum Sebulan, Kapolda Jateng Sudah 3 Kali ke Klaten, Kenapa Ya?

Hal itu dilakukan untuk mencegah penularan ke anggota keluarga lain serta memudahkan pengawasan ke pasien. Di Klaten, ada tiga tempat isolasi terpusat tingkat kabupaten. Selain itu, ada tempat isolasi terpusat di tingkat kecamatan dan desa yang tersebar di 23 kecamatan.

Jumlah total kapasitas tempat tidur tempat isolasi terpusat sebanyak 1.054 tempat tidur. GOR Gelarsena menjadi tempat isolasi terpusat dengan daya tampung terbanyak yakni 101 tempat tidur.

Berita Terkait

Berita Terkini

Agrowisata Desa Pasung Klaten Punya Koleksi 1.000 Lebih Tanaman Buah

Desa Pasung, Kecamatan Wedi, Klaten mengembangkan agrowisata, sejak empat tahun terakhir. Hingga sekarang, Desa Pasung telah memiliki lebih dari 1.000 tanaman buah.

Ngeri! Ratusan Sarang Tawon Vespa Diamankan Damkar Wonogiri

Ratusan sarang tawon vespa di Wonogiri telah dievakuasi anggota damkar dalam kurun waktu Januari hingga September 2021.

Solo Tuan Rumah Liga 2, Ini Pesan Gibran untuk Suporter

Pasoepati dan warga Solo, diminta menjadi tuan rumah yang baik terkait penyelenggaraan pertandingan Grup C Liga 2 tahun 2021 di Stadion Manahan.

Bupati Wonogiri Beri Sinyal Siswa Boleh Naik Angkot Saat PTM

Saat pembelajaran tatap muka (PTM) nanti berlangsung, siswa di Wonogiri akan diperkenankan naik transportasi umum.

Akibat Korsleting Listrik, Kandang Kambing di Sambirejo Sragen Hangus

Kebakaran menghanguskan kandang kambing milik, Pranoto, 45, warga Jatirejo RT 004, Blimbing, Sambirejo, Sragen.

Siap-Siap, Disdik Kota Solo akan Tes Covid-19 Acak di Sekolah

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo berencana mengadakan uji swab deteksi Covid-19 secara acak (random test) terhadap warga sekolah.

Ciamik! Colomadu Dirancang Jadi Solo Baru-nya Karanganyar

Bupati Karanganyar berencana menjadikan Kecamatan Colomadu sebagai pusat industri dan perdagangan selayaknya Solo Baru.

Jos, Atlet Jateng dari UTP Solo Juara Umum Kickboxing PON Papua

Atlet kickboxing Jawa Tengah (Jateng) meraih juara umum di PON XX Papua merupakan mahasiswa UTP Solo.

Rasa Teh di Solo Ternikmat No Debat, Sepakat?

Teh ginastel di Kota Solo yang diracik dengan mengoplos berbagai merek merupakan sajian kuliner khas ternikmat, sepakat?

Melihat Bayangan Seperti Makhluk Gaib di CCTV, Warga Wonogiri Trauma

Kamera pengintai atau closed circuit television (CCTV) yang terpasang di rumah pengusaha properti di Wonogiri merekam bayangan hitam.

Sambil Nglarisi Bakul, Bupati Sukoharjo Sosialisasi Prokes

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani memiliki cara tersendiri untuk menyosialisasikan protokol kesehatan kepada pedagang di pasar tradisional.

Jos! Vaksinasi Covid-19 di Desa Sidomulyo Boyolali Capai 75%

Warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Ampel, Boyolali, antusias dalam mengikuti vaksinasi Covid-19. Hal itu terbukti dengan capaian vaksinasi yang menembus angka 75%.

Kebakaran Pasar Janglot Sragen: 50 Kios Kobong, Rp4,1 Miliar Melayang

Nilai kerugian akibat kebakaran di Pasar Janglot Sragen, Jawa Tengah, Minggu (26/9/2021) diperkirakan mencapai Rp4,1 miliar.

Saingan Ketat CPNS Solo: SKD Tinggi, Diambil 3 Orang Per Formasi

Tes CPNS untuk pegawai Pemkot Solo kali ini memiliki daya saing yang sangat tinggi karena rata-rata peserta meraih nilai tinggi di atas passing grade.

Vaksinasi Covid-19 di Klaten Ditarget 70 Persen hingga Akhir Tahun

Pemkab Klaten mematok capaian vaksinasi Covid-19 di daerah setempat mampu menembus angka minimal 70 persen hingga akhir tahun 2021.

Pasar Janglot Tangen Sragen Terbakar, Puluhan Los Ludes

Kebakaran hebat terjadi di Pasar Janglot, Desa Katelan, Kecamatan Tangen, Sragen, pada Sabtu (25/9/2021) pukul 23.20 WIB.