SOLOPOS.COM - Sarasehan Warga Papua sekaligus peluncuran situs web melianesia.com di RM Palem Golek Palagan, Rabu (21/3/2018). (Harian Jogja/Abdul Hamid Razak)

Selain pembangunan infrastruktur, harga-harga kebutuhan masyarakat yang dahulu tinggi saat ini sudah turun

Harianjogja.com, SLEMAN-Warga Papua di DIY menilai pemerintahan presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan perubahan signifikan terhadap tanah Papua. Selain pembangunan infrastruktur, harga-harga kebutuhan masyarakat yang dahulu tinggi saat ini sudah turun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Perwakilan warga Papua Demianus Manibury, 24 menilai pembangunan infrastruktur di Papua selama era Jokowi sangat besar. Salah satunya pembangunan jalan trans Papua. Keberadaan jalan tersebut dinilai memudahkan mobilitas warga untuk mendukung pembangunan di daerah-daerah yang selama ini sulit dijangkau.

Ekspedisi Mudik 2024

“Begitu juga dengan harga bahan bakar minyak [BBM] dan bahan bangunan. Saat ini sudah tidak ada disparitas yang tinggi. Harga-harganya seperti di wilayah Indonesia lainnya. Hanya saja untuk harga komoditas bahan pangan memang masih terbilang tinggi,” katanya di sela-sela Sarasehan Warga Papua sekaligus peluncuran situs web melianesia.com di RM Palem Golek Palagan, Rabu (21/3/2018).

Hal yang dibutuhkan saat ini, kata mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Janabadra Jogja ini bagaimana sumber daya manusia (SDM) di Papua perlu disiapkan untuk mengahadapi perubahan tersebut. Masalah SDM, katanya menjadi tantangan bagi para generasi muda Papua, terutama yang sekarang sedang belajar di DIY.

“Ada sekitar 4.000 orang pelajar dan mahasiswa Papua di DIY. Kami berharap generasi muda Papua mau meningkatkan kualitas kemudian kembali ke Papua untuk membangun daerahnya,” harapnya.

Menurut warga kabupaten Waropen, Papua itu, keberadaan generasi muda Papua sangat penting. Mereka diharapkan dapat menjadi pengerak dan pendorong untuk pembangunan di Papua. “Untuk itu, kami harapkan generasi muda Papua fokus dalam meningkatkan kualitas mereka,” harapnya.

Pengelola melanesia.com Arif Subroto menambahkan dengan adanya media tersebut, diharapkan dapat memberikan gambaran bagaimana kondisi Papua sebenarnya. “Media ini juga kami harapkan dapat menangkal berita hoaks tentang Papua dan Jokowi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya