Tutup Iklan
Warga Ngeyel Tak Pakai Masker, Camat Manisrenggo Klaten Ngelus Dada
Ilustrasi masker kain (Solopos.com-Chelin Indra Susmita)

Solopos.com, KLATEN -- Camat Manisrenggo, Klaten, Rahardjo Budi Setiyono, mengaku prihatin memikirkan kesadaran warganya dalam mengenakan masker di tengah pandemi Covid-19.

Camat Rahardjo saat ditemui wartawan di kantornya, Rabu (1/7/2020), menilai kesadaran warga di Manisrenggo dalam mengenakan masker belum optimal.

"Kalau bicara ketaatan warga mengenakan masker, terus terang saya itu ngelus dada. Ketaatan warga di Manisrenggo dalam mengenakan masker baru di angka 60 persen. Masih ada yang ngeyel dan menyepelekan fakta bahwa virus corona ini benar-benar ada," kata Camat.

Coretan di Pedestrian Solo Ingatkan Warga Agar Jaga Jarak

Pihaknya pun akan terus meningkatkan sosialisasi terkait pentingnya menggunakan masker dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Rahardjo Budi Setiyono mengatakan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintah kecamatan dan perangkat desa (perdes) di Manisrenggo harus menjadi contoh dalam menaati menggunakan masker.

Camat Manisrenggo menambahkan setiap warga mengurus surat-menyurat di kantor kecamatan atau pun desa juga diwajibkan mengenakan masker.

"Sudah lebih dari 100-an orang yang kami tunda pelayanan surat-menyurat di kecamatan karena warga tersebut tak mengenakan masker. Begitu mengenakan masker, baru kami layani. Kami terpaksa melakukan hal ini agar semuanya taat," kata Rahadjo.

Perusahaan Farmasi AS Jual Obat Covid-19 Remdesivir Rp33,5 Juta

Disinggung tentang pemberlakuan penyitaan KTP warga yang tak mengenakan masker, Rahardjo mengatakan hal itu baru dilakukan Gusgas PP Covid-19 tingkat kabupaten.

Menaati Protokol

Petugas Gusgas PP Covid-19 tingkat Kecamatan Manisrenggo belum berani menggelar operasi tanpa bergabung dengan tim kabupaten.

"Kami yang di kecamatan menunggu terlebih dahulu. Kalau dari kabupaten sudah melakukan penyitaan KTP hari ini di Bramen [perkotaan]. Kalau dari kami, masih menunggu surat tanda buktinya terlebih dahulu," kata Camat Manisrenggo.

Hari Pertama Operasi Masker di Klaten: Warga Marah hingga Putar Balik

Sebelumnya, Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan salah satu kunci terpenting dalam mencegah persebaran virus corona, yakni kedisiplinan warga dalam menaati protokol pencegahan Covid-19 misalnya terkait masker.

"Masker wajib digunakan. Penggunaan masker ini cara paling efisien dan efektif dalam mencegah persebaran virus corona," katanya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho