SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Harian Jogja/JIBI/dokumen)

Ilustrasi
(Harian Jogja/JIBI/dokumen)

SLEMAN—Desa Wukirsari memberikan kompensasi kepada warga Dusun Ngepringan. Kompensasi ini sebagai upaya peningkatan ekonomi warga yang terdampak langsung dengan erupsi Merapi baik lahar letusan maupun lahan hujan.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Sekdes Wukirsari, Riswantoro mengatakan dana yang digelontorkan mencapai Rp132 juta kepada 125 kepala keluarga. Masing-masing KK mendapatkan bantuan sebesar Rp15,5 juta.

“Dana ini berasal dari pengelolaan pasir Merapi sejak 2010 hingga 2013 ini. Kami memberikan dana ini agar warga Ngepringan yang berpindah lokasi ini bisa secepatnya memperbaiki kehidupan ekonomi mereka,” jelas Riswantoro di Kantornya, Sabtu (11/5/2013).

Meskipun bertujuan untuk peningkatan ekonomi masyarakat, namun ada beberapa yang diujadikan untuk menambah pembangunan rumah atau huntap. Namun hal ini tidak menjadi masalah.

“Yang jelas kami langsung salurkan ke warga dalam lima tahap. Kami inginnya dana ini untuk pengembangan ekonomi warga dan pendidikan anak-anak. Tapi kalau memang bantuan dana untuk rumah masih kurang ya silahkan digunakan untuk menambah proses pembangunan rumah itu,” kata Riswantoro.

Riswantoro mengaku hanya Dusun Ngepringan yang mendapatkan bantuan dana ini. Dusun yang lain yang berada di Desa Wukirsari tidak mendapatkan dana hasil pengelolaan pasir ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya