Petugas PLN bersama anggota BPBD, sukarelawan, dan warga sekitar mengevakuasi jenazah warga Desa Plosorejo, Kecamatan Matesih yang tersengat aliran listrik saat memangkas ranting dan dahan pohon jati pada Sabtu (18/1/2020). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR – Seorang warga Dusun Ngwaru RT 002/RW 006, Desa Plosorejo, Matesih, Karanganyar, meninggal akibat tersengat aliran listrik, Sabtu (18/1/2020). Korban bernama Sikun, 45, tersetrum saat beraktivitas di dekat kabel listrik bertegangan tinggi.

Data yang dihimpun Solopos.com, saat kejadian, Sikun sedang membantu tetangganya, Tugiyo, 50, warga satu dusun berbeda RTmembersihkan kebun. Mereka bekerja bakti sejak pagi sehingga sekitar pukul 09.00 WIB untuk beristirahat.

Setelah istirahat, korban meminta izin kepada Tugiyo untuk memangkas ranting pohon jati di kebun itu. Korban mulai memanjat dan memotong sedikit demi sedikit ranting pohon.

Menurut informasi yang dihimpun Solopos.com dari polisi, korban sudah diingatkan agar tidak memotong ranting pohon dekat kabel listrik. Tidak berselang lama setelah diingatkan, korban berteriak-teriak.

"Ya Allah! Ya Allah!" cerita Tugiyo kepada polisi yang datang ke lokasi.

Tugiyo yang mendengar teriakan Sikun lantas berteriak meminta tolong. Teriakannya membuat sejumlah warga datang ke lokasi kejadian.

Warga berinisiatif melaporkan kejadian itu ke polisi dan petugas PLN. Petugas PLN, sukarelawan, BPBD Karanganyar, dan dibantu warga mengevakuasi tubuh korban yang masih berada di dahan pohon jati.

Diduga Panik Tepergok Mesum, PNS Asal Sragen Tabrak Satpam di Mal Solo

Kapolsek Matesih, Iptu Tri Gusnadi, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Leganek Mawardi, menuturkan korban meninggal dunia.

“Diduga karena tersetrum aliran listrik. Itu kabel jaringan PLN. Kejadian sekitar jam 09.30 WIB. Kami meminta visum ke Puskesmas Matesih. Jenazah korban diserahkan kepada keluarga untuk dimakamkan," katanya saat dihubungi Solopos.com.

Tri Gusnadi mengingatkan warga agar lebih berhati-hati saat memangkas ranting maupun dahan pohon di dekat jaringan listrik, kabel listrik bertegangan tinggi, dan lain-lain. Dia berharap warga dapat berkoordinasi atau melapor ke PLN apabila hendak memangkas ranting, dahan, bahkan pohon di dekat jaringan listrik.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten