Warga Lompok nikmati air bersih bantuan Australia

MATARAM: Sedikitnya 2.000 warga Desa Geria, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menikmati air bersih bantuan pemerintah Australia.

"Pembangunan sanitasi dan air bersih di Desa Geria itu rencananya Selasa (5/5) akan ditinjau Duta Besar Australia untuk Indonesia sekaligus bertatap muka dengan masyarakat setempat," Kata Ketua Bappeda NTB, Rosiady Sayuti di Mataram, Senin (4/5).

Dubes selain mengadakan pertemuan dengan masyarakat Geria juga akan meninjau pos persalinan desa (polindes) dan pusat layanan bagi ibu hamil di Gerung, Lombok Barat.

ia mengatakan, air bersih marupakan salah satu kebutuhan masyarakat yang mendesak, karena cakupan air bersih terutama di pedesaan hingga kini baru sekitar 30 persen, sementara di perkotaan layanan baru 60 persen.

Layanan air bersih untuk perkotaan diambil dari berbagi sumber mata air seperti di Narmada dan Suranadi, Lombok Barat berjarak sekitar 30 km timur Mataram.

Sumber mata air di NTB berkurang drastis dari 700 menjadi 200 mata air sehingga dikhawatirkan di sejumlah daerah akan terjadi kekurangan air bersih.

Berkurangnya sumber mata air tersebut karena penebangan hutan secara ilegal yang mengakibatkan hutan gundul serta kegiatan pertambangan yang tidak terkontrol.

Menurut dia, pihaknya terus berupaya mencegah semakin berkurangnya sumber mata air di daerah ini dengan melakukan pembinaan kepada masyarakat. (Antara)

Avatar
Editor:
Budi Cahyono


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom