Warga Lansia dan ODGJ Gandekan Solo Disasar Vaksinasi Covid-19 Keliling

Pemerintah Kelurahan Gandekan, Jebres, Solo, bersama petugas Puskesmas Purwodiningratan melakukan vaksinasi Covid-19 keliling dengan sasaran warga lansia dan ODGJ.

Bayu Jatmiko Adi
Selasa, 26 Oktober 2021 - 22:09 WIB

SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksinasi (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Vaksinasi Covid-19 keliling dari rumah ke rumah dilakukan di wilayah Gandekan, Jebres Solo, Selasa (26/10/2021). Sasarannya kalangan warga lanjut usia (lansia) serta orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang tidak dapat datang ke lokasi vaksinasi.

Lurah Gandekan, Arik Rahmadani, mengatakan kegiatan vaksinasi dari rumah ke rumah direncanakan berlangsung dua hari, yakni Selasa dan Rabu (26-27/10/2021).

Baca Juga: Tips Hindari Teror Debt Collector Pinjol ala Bos Jasa Penagihan Solo

“Sasarannya warga ODGJ dan warga lansia yang tidak bisa jalan dan lansia tunanetra. Ini menyisir sasaran vaksinasi yang tidak bisa hadir ke lokasi vaksinasi,” katanya.

Pada Selasa, kegiatan dilakukan di RW 001 hingga RW 004 dengan lima sasaran. Sedangkan pada Rabu direncanakan dilakukan di RW 005 hingga RW 009.

Baca Juga: Ganjar dan Gibran soal Gelombang Ketiga Covid-19: Waspadalah!

“Sasaran berikutnya nanti kami menunggu informasi lebih lanjut. Pada kegiatan ini pemerintah kelurahan bekerja sama dengan Puskesmas Purwodiningratan,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Arik mengatakan capaian vaksinasi di Gandekan, Jebres, Solo, sudah sekitar 85%. Namun jumlah tersebut terus bertambah karena kegiatan vaksinasi masih terus berjalan.

Baca Juga: Kronologi Meninggalnya Gilang, Mahasiswa UNS Solo Peserta Diklat Menwa

Bahkan pada Selasa, sudah ada 150 orang lagi warga Gandekan yang divaksin. Sementara itu, Kepala Puskesmas Purwodiningratan, dr Farahdilla Mirshanti, mengatakan idealnya vaksinasi memang dilakukan di sentra vaksinasi.

Hal itu karena harus ada prosedur yang dilakukan, mulai dari pendaftaran, screening, penyuntikan, observasi, dan sebagainya. “Namun vaksinasi door to door harus dilakukan untuk beberapa masyarkat yang terkendala karena keterbatasan fisik, takut, dan sebagainya,” katanya.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif