SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BANGUN TALUT- Sejumlah warga dan TNI bekerja sama membangun talut di Danyung dan Munyung, Kwarasan, Grogol, Sukoharjo, Kamis (24/11/2011). ( Istimewa)

Sukoharjo (Solopos.com)--Guna mengantisipasi banjir pada musim hujan ini warga masyarakat Dukuh Danyung Rw 2 dan Dukuh Munyung Rw 8, Desa Kwarasan Grogol bersama personel TNI dari Kodim 0726/Sukoharjo bergotong-royong membangun talut sungai yang melintas di desa tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Proyek talut ini dibangun untuk mengantisipasi pananggulangan banjir, erosi dan pendangkalan sungai akibat penumpukan sampah yang sengaja di buang oleh masyarakat. Karena mereka belum mengerti fungsi utama sungai sebagai saluran air dan resapan air,” ujar Kades Kwarasan, Grogol, Suratno dalam siaran pers, Kamis (24/11/2011).

Dia menjelaskan proyek pembangunan talut di desanya menggunakan dana APBD senilai Rp 66.480.000, swadaya masyarakat Rp 73.499.000 dan APBN/PNPM Rp 136.637.000 dengan total biaya Rp 276.616.000.

Sementara Danramil 09 Grogol, Kapten (Inf) Kurniawan di lokasi proyek mengatakan wilayah Kecamatan Grogol merupakan daerah pusat bisnis dan permukiman penduduk. Kawasan ini dinilai merupakan kawasan sangat padat permukijan serta rawan bencana alam banjir. Oleh sebab itu kawasan ini perlu penanganan dan penataan yang tepat agar wilayah aliran sungai dan daerah resapan air tetap terjaga kelestariannya.

“TNI dalam hal ini Koramil 09 Grogol berharap, hubungan kerja sama dan komunikasi dengan masyarakat dapat terus terjalin dengan baik, sebagai bentuk kemanunggalan TNI dan rakyat,” tegas dia.

(ian/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya