SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Warga Kota Madiun diiimbau mewaspadai mewaspadai munculnya penyakit diare selama musim hujan berlangsung, karena penyakit itu bisa mengakibatkan dehidrasi yang berbahaya bagi jiwa.

“Musim hujan, selain demam berdarah, yang patut diwaspadai adalah penyakit diare. Untuk menghindari diare, harus diperhatikan pola makan dan kebersihan lingkungan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Madiun Sulistya Wardani di Madiun, Kamis (14/3/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia menjelaskan penyakit diare sangat berkaitan dengan pola makan, sehingga warga diminta memperhatikan makanan yang dimakan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Makanan yang dimakan harus betul-betul sehat. Hendaknya yang tidak dimasak dengan baik, kurang aman, dan kurang cocok dengan kondisi tubuh, dihindari,” kata Sulistya Wardani.

Menurut dia, kondisi musim hujan juga memerlukan stamina tubuh yang baik, sehingga pola makan juga harus dijaga. Warga juga diminta tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Makan makanan yang sehat dan bergizi dapat meningkatkan stamina tubuh. Selain itu, menjaga lingkungan tetap bersih dan tidak membuang sampah sembarangan juga bisa mencegah seseorang terkena diare,” kata Wardani.

Dia menjelaskan anak-anak yang paling rawan terkena penyakit diare, terlebih anak usia balita, karena daya tahan tubuh mereka masih rentan dan lemah. Para orang tua diminta tanggap dalam menjaga asupan makanan yang diberikan kepada buah hatinya.

Sulistya Wardani juga berharap agar seluruh warga di Kota Madiun dapat menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya. Selain diare, penyakit pada musim hujan yang sering menyerang adalah demam berdarah dan ISPA.

Warga juga diimbau sering melakukan pemberantasan sarang nyamuk dengan menguras, menutup, dan menimbun, serta menjaga sanitasi lingkungan. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya