SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Ribuan muslim di Kota Madiun menyambut Ramadan 2019 dengan Pawai Obor, Sabtu (4/5/2019) malam. Ribuan obor dinyalakan dalam pawai menyambut bulan suci tersebut.

Pawai Obor dimulai dari Masjid Agung Baitul Hakim Kota Madiun dan keliling ke jalan-jalan protokol yang berjuluk Kota Pecel itu. Peserta pawai yang didominasi pelajar SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA. Masing-masing pelajar membawa satu obor.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wajah gembira terpancar dari raut muka para peserta Pawai Obor untuk menyambut Ramadan itu. Para peserta kompak mengenakan baju warna putih.

Ekspedisi Mudik 2024

Lagu selawatan mengiringi langkah dari seluruh peserta Pawai Obor tersebut. Ribuan warga pun tampak antusias menyaksikan rombongan pawai itu.

Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan kegiatan Pawai Obor ini sebagai bentuk sukacita menyambut bulan Ramadan. Diharapkan umat Islam di Kota Madiun bisa khusyuk selama menjalankan ibadah di sepanjang bulan suci.

“Ini sebagai bentuk rasa syukur dan kesiapan umat Islam dalam menyambut dan melaksanakan rutinitas selama Ramadan,” kata Maidi.

Dia menyampaikan seluruh masyarakat Madiun diminta menjaga kerukunan dengan saling menghormati. Kerukunan menjadi unsur penting untuk menjaga kondusivitas daerah.

“Akan ada banyak kegiatan selama Ramadan mulai Salat Tarawih, tadarus bersama, sahur dan buka bersama, hingga peringatan Nuzulul Quran,” jelas Maidi.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Madiun, Sutoyo, mengatakan kegiatan Pawai Obor ini merupakan salah satu kegiatan positif dalam menyambut bulan Ramadan sehingga masyarakat akan lebih mempersiapkan diri menyambut kedatangan bulan suci.

Dia berharap Pawai Obor ini bisa rutin digelar setiap tahun. “Kami berharap masyarakat lebih taat dan khusyuk dalam beribadah selama Ramadan,” kata dia.

Sutoyo menuturkan hari penentuan 1 Ramadan akan dilaksanakan Minggu ini agar umat Islam bisa jelas kapan puasa hari pertama.

Sampai Minggu, belumada umat Islam dari suatu golongan di Kota Madiun yang telah memulai menjalankan ibadah puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya