Warga Kota Madiun Hasilkan 100 Ton Sampah Sehari
Ilustrasi memilah sampah.(Solopos-Ponco Suseno)

Madiunpos.com, MADIUN -- Volume sampah yang dihasilkan warga Kota Madiun, Jawa Timur, berdasarkan catatan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat mencapai 100 ton setiap harinya.

Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto mengatakan volume sampah yang sangat banyak tersebut dapat menimbulkan masalah jika tidak dikelola dan diolah dengan baik.

"Permasalahan sampah ini jangan dianggap kecil. Sampah menyebabkan dampak permasalahan yang lainnya. Tak hanya membuat lingkungan menjadi kotor, tetapi juga berdampak pada masalah sosial dan menimbulkan berbagai penyakit," ujar Wali Kota saat melaksanakan kunjungan kerja (kunker) di Kelurahan Oro-Oro Ombo, Kota Madiun, Kamis (15/11/2018). 

Dia menambahkan Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun melalui DLH aktif mengajak warga untuk mengolah sampah dengan baik mulai tingkat rumah tangga. Tujuannya selain menjaga lingkungan tetap sehat, juga mengurangi volume sampah masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA) sekaligus meningkatkan kapasitas muatnya.

Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup, DLH Kota Madiun, Agus Haryanto, mengatakan pengolahan sampah yang intesif dianjurkan bagi warga Kota Madiun adalah dengan sistem 3R atau reduce, reuse, recycle.

"Tujuan dari pengolahan sampah 3R adalah mengubah limbah plastik menjadi barang berguna serta menambah nilai ekonomis yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Seperti pupuk organik atau barang pakai dari daur ulang," kata Agus Haryanto.

Pihaknya aktif melakukan sosialisasi pengolahan sampah 3R ke warga Kota Madiun agar kesadaran dan partisipasi masyarakat tentang pengolahan sampah di tingkat rumah tangga meningkat.

Keberadaan bank sampah di Kota Madiun juga terus diberdayakan dalam pengolahan sampah atau limbah plastik 3R. Melalui ibu-ibu yang tergabung dalam anggota bank sampah, limbah plastik dapat didaur ulang menjadi barang ekonomis seperti tas, bunga hias, dan masih banyak lagi.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom