SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Warga korban erupsi Merapi akan diarahkan untuk beternak sapi. Dua perusahaan susu dan air mineral siap menggelontorkan bantuan ternak serta bantuan manajeman wirausaha.

Sekda DIY, Ichsanuri kepada wartawan Kamis (29/3) sore menyatakan, sejumlah perusahaan di antaranya Sari Husada dan produsen air mineral Danone menyatakan siap memberi bantuan kepada warga korban erupsi berupa ternak dan pendampingan untuk berwirausaha. Warga yang memelihara ternak diarahkan untuk berbisnis lewat usahanya. Dua perusahaan tersebut akan memberikan pelatihan manajemen serta bantuan teknologi peternakan dan pengelolaan. Ditargetkan tahun ini program sudah berjalan.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Menurut dia, warga yang beternak hanya sekadar memelihara ternak tak mempertimbangkan dari sisi bisnis yang dapat memberi keuntungan lebih. “Tadi sudah ada paparan, mereka ingin membina masyarakat korban Merapi yang berbasis pada bisnis, selama ini kan hanya bersifat perorangan,” ujar Ichsanuri.

Ekspedisi Mudik 2024

Pembinaan tersebut, lanjutnya, juga termasuk sistem produksi yang higienis serta manajemen pemasaranya. Rencananya hasil produksi bakal disalurkan ke PT. Sari Husada yang merupakan produsen susu.

Saat ini masih akan dipilih lima desa yang dijadikan sasaran pemberdayaan. Lokasinya dipastikan di area hunian tetap yang akan ditempati warga korban eruspi. (ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya