Warga Klaten Penerima BST Kemensos Berkurang 2.000-An Orang
Ilustrasi Bantuan Sosial (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, KLATEN -- Bantuan sosial tunai atau BST dari Kementerian Sosial atau Kemensos kembali bergulir tahun ini termasuk untuk warga Klaten. Hanya, jumlah penerimanya berkurang daripada penerima BST pada 2020.

BST untuk bulan ini jadwal penyalurannya 12-19 Januari 2021. Kabid Sosial Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) Klaten, Hari Suroso, mengatakan jumlah penerima BST berkurang 2.000-an orang.

Hal itu sesuai jumlah penerima BST yang penyalurannya melalui PT Pos Indonesia. Pada Desember 2020, jumlah penerima BST ada 73.174 keluarga. Sementara jumlah penerima pada Januari 2021 hanya 70.824 keluarga.

Sekda Ahyani Jadi Orang Pertama Yang Disuntik Vaksin Covid-19 Kota Solo

Artinya, ada pengurangan 2.350 penerima BST Kemensos Klaten pada Januari 2021 dibandingkan Desember 2020. Hari menjelaskan data penerima itu bersumber dari pemerintah pusat. Proses validasi data juga dilakukan oleh pemerintah pusat.

Soal pengurangan jumlah penerima tahun ini, Hari mengatakan kemungkinan salah satu pertimbangannya yakni realisasi penyaluran BST selama 2020 lalu.

“Ada 4.000-an penerima yang tidak mengambil. BST tidak terambil kemungkinan karena penerima sudah pindah, meninggal dunia, sudah mampu, dan sebagainya,” jelas Hari saat berbincang dengan Solopos.com, Rabu (13/1/2021).

Hari Pertama Vaksinasi, Data Kasus Positif Covid-19 Solo Tambah 181 Orang

Hari menuturkan BST Kemensos termasuk di Klaten disalurkan selama empat bulan yakni Januari, Februari, Maret, dan April. Setiap bulan nilai bantuannya Rp300.000 per keluarga.

Data Ganda

Kepala Dissos P3AKB Klaten, M Nasir, mengatakan ada pengurangan jumlah penerima BST pada Januari 2021. Selain penerima sudah meninggal dunia, berkurangnya jumlah penerima itu juga kemungkinan lantaran ada data ganda.

“Ada NIK ganda kemudian ada rekening yang tidak diambil berturut-turut dianggap sudah tidak membutuhkan kemudian tidak menerima lagi. Data semuanya dari pusat dan disalurkan langsung melalui kantor pos,” jelas Nasir.

Hiii... Belasan Ekor Ular Ditemukan Di Area Benteng Vastenburg Solo

Kepala Dissos Klaten menjelaskan bantuan yang digulirkan pemerintah termasuk BST Kemensos salah satu tujuannya meringankan beban warga miskin terutama selama masa pandemi Covid-19.

“Harapan kami agar bantuan itu benar-benar dimanfaatkan untuk meringankan beban hidup mereka terutama saat pandemi. Kami berharap ketika sudah menerima informasi jadwal pencairan, penerima segera mengambil sesuai ketentuan. Kalau tidak mengambil selama beberapa waktu, dana bisa ditarik ke Kemensos,” jelasnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom