SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, KEDIRI — Warga menemukan sebuah arca kuno yang diyakini arca Ganesha di Dusun Kewagean, Desa Krenceng, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Arca itu ditemukan warga di lokasi yang sedang dibangun fondasi rumah, Sabtu (15/6/2) sore.

Arca kuno berukuran tinggi sekitar 33 cm, lebar 19 cm, tebal arca 13 cm, itu mirip dengan lambang kebesaran Kediri. Arca tersebut diperkirakan berusia ratusan tahun. 

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Dilansir Detikcom, arca Ganesha tersebut awalnya ditemukan salah satu warga setempat bernama Prianto, 48, yang sedang mengerjakan pembangunan septic tank serta pondasi rumah warga Damarwulan, Kecamatan Kepung.

“Saya sedang membangun dan menggali buat septic tank serta fondasi rumah, tiba tiba menemukan sebuah benda keras, kemudian saya bongkar pelan pelan, ternyata ada arca. Saya lapor perangkat desa,” ucap Prianto, Minggu (16/6/2019).

Prianto mengatakan tidak ada firasat sebelumnya saat menggali septic tank tersebut. Bagi Prianto temuannya tersebut sempat membuat dirinya waswas dan takut karena arca termasuk benda purbakala.

“Saya sempat gemetar mas, karena arca kan benda purbakala, saya gali saat mencapai sekitar 2 Meter, saya temukan bata dan arca relief seperti Ganesha,” Imbuh Prianto.

Sementara itu, Pemkab Kediri meminta warga dan sejumlah elemen masyarakat untuk ikut menjaga arca Ganesha yang baru saja ditemukan. 

“Temuan candi maupun arca di wilayah Kabupaten Kediri menunjukkan kekayaan warisan budaya dan sejarah yang ada di Kabupaten Kediri, oleh karena itu harus dijaga oleh semua elemen masyarakat,” ujar Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kediri Krisna Setiawan. Senin (17/6/2019), .

Krisna mengatakan saat ini Pemkab Kediri tengah berkoordinasi dengan pihak terkait dalam hal ini Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya