SOLOPOS.COM - Salah seorang warga Kelurahan Manahan sedang melihat lukisan ikan koi di Kampung Joho, Manahan, pada Sabtu (12/12/2020) siang. (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO -- Warga Kampung Joho, Kelurahan Manahan, Kota Solo, membuat mural ikan koi di jalan kampung. Mural yang menampilkan gambar ikan koi ini memiliki pesan yang luhur. Mural warga Manahan ini sengaja dibuat untuk menyambut musim hujan.

Mural menampakkan ikan koi di media aspal yang terlihat glowing atau bersinar jika terkena air hujan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Warga Kampung Joho Hepi, Manahan, Ipung Kurniawan, saat berbincang dengan Solopos.com, Sabtu (12/12/2020), mengatakan ide untuk menggambar mural ikan koi berkonsep sungai itu semula untuk memberikan semangat bahwa hujan merupakan berkah.

Artinya Ayam Kampus Kerap Dikaitkan Prostitusi Mahasiswi, Ini Kata KBBI

Ekspedisi Mudik 2024

Lantas, warga menggambar ikan koi dalam waktu sehari. Selain menyambut musim hujan, ada pesan peduli lingkungan hidup yang ingin disampaikan warga Manahan lewat karya mural ini.

“Selama pandemi ini warga kami ajak untuk selalu peduli dengan lingkungan. Hidup bukan hanya persoalan manusia saja, tetapi juga lingkungan. Sebenarnya ada pesan kemandirian pangan, tetapi ini adalah ikan,” papar Ipung.

Ia menceritakan baru kali ini melukis di media aspal itu menggunakan cat minyak dan besi. Sebelumnya, warga Manahan tersebut menggunakan cat jenis water base untuk membuat mural dan ternyata tidak awet.

5 Bansos Covid-19 untuk Masyarakat Berlanjut di 2021, Ini Daftarnya

Ukuran Ikan Bervariasi

Namun, saat menggunakan cat jenis oil base, lukisan mural ikan koi itu tampak lebih menyala saat terkena air hujan.

Ipung menambahkan ukuran ikan yang dilukis warga Manahan di mural tersebut bervariasi dari kecil hingga ikan besar. Menurut dia, variasi ukuran ikan koi itu menunjukkan masyarakat Joho yang dinamis, membaur, dan dengan latar belakang berbeda.

Datang ke Polda Metro Jaya, Habib Rizieq Acungkan Jempol

Mural memang biasa digunakan sebagai media menyampaikan aspirasi. Mural adalah cara melukis di atas media dinding, tembok, atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya.

Berbagai pesan disampaikan lewat mural. Seperti warga Manahan yang menyampaikan pesan peduli lingkungan lewat mural ikan koi yang dibuat menyambut musim hujan.

Bukan kali ini saya warga Joho membuat mural yang menarik. Sebelumnya, warga membuat lukisan berbentuk abstrak hingga lukisan topeng yang dibuat tiga dimensi. Selain itu, ada pula mural tokoh nasional, suporter sepak bola, tokoh pewayangan, hingga mantan Presiden Indonesia pertama, Soekarno, dan Presiden ke-7 yang juga mantan Walikota Solo, Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya