SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/dok)

Harianjogja.com, JOGJA- Warga di Kota Jogja diminta ikut berperan membantu warga lanjut usia (lansia) yang hidup terlantar.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Pelayanan Sosial Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Jogja, Octo Noor Arafat mengatakan, masyarakat juga memiliki peran penting dalam memberikan bantuan kepada lansia terlantar, misalnya dengan mengurus kebutuhan hidup sehari-hari.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Belum semua lansia memperoleh asistensi sosial sehingga masyarakat sekitar memiliki peran penting untuk membantu para lansia itu,” katanya, Jumat (6/6/2014).

Masyarakat, lanjut dia, bisa melaporkan ke pemerintah apabila sudah tidak mampu lagi merawat lansia tersebut sehingga pemerintah yang akan mengambilalihnya.

Pemerintah Kota Jogja memiliki satu panti yaitu Panti Wreda Budi Dharma yang bisa menampung setidaknya 60 lansia terlantar. Selain itu, ada pula panti milik swasta yang bisa dimanfaatkan yaitu Panti Wreda Hanna dan Panti Wreda Perandan Padudan.

Berdasarkan data terakhir dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jogja,  jumlah lansia di Kota Jogja mencapai 11 persen dari total penduduk atau sebanyak 43.801 jiwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya