Tutup Iklan

Hai Warga Jateng di Perantauan, Gubernur Ganjar Ajak Tidak Mudik

Larangan mudik itu diputuskan sebagai upaya pemerintah dalam mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 saat libur Lebaran.

Hai Warga Jateng di Perantauan, Gubernur Ganjar Ajak Tidak Mudik

SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Solopos.com, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, mengajak masyarakat Jateng yang ada di perantauan untuk tidak mudik pada Lebaran tahun ini.

Hal itu sesuai dengan kebijakan pemerintah yang mengeluarkan larangan mudik Lebaran 2021. Selain itu, kasus Covid-19 juga tengah menurun sehingga harus dijaga dengan tidak mengurangi mobilitas.

“Saya mendorong masyarakat tidak usah mudik, mumpung ini [Covid-19] lagi turun bagus. Sabar sebentar, ini kalau bisa dijaga kita akan bisa lebih cepat. Ingat pengalaman di Prancis dan India yang saat ini lagi naik. Saya juga tadi habis mengobrol dengan KBRI di Kanada, ternyata kondisinya juga lagi naik,” kata Gubernur Ganjar di kantornya, Selasa (30/3/2021).

Baca juga: Mudik 2021 Dilarang, Ganjar Pranowo Tetap Siapkan Tempat Isolasi Mandiri Buat Pemudik

Ganjar menjelaskan larangan mudik juga sudah diputuskan pemerintah pusat beberapa waktu lalu. Terkait teknis pelaksanaan saat ini, pihaknya masih menunggu aturan dari pemerintah pusat.

Aturan itu juga berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan ibadah selama bulan Ramadan dari Kementerian Agama (Kemenag) dan regulasi kendaraan yang boleh beroperasi selama larangan mudik dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai 6-17 Mei 2021.

“Kita sudah punya pengalaman tahun lalu berjaga. Maka, kita sedang menyiapkan respons terhadap keputusan. Bayangannya sudah tahu sih, pasti kita akan kerja sama dengan provinsi sebelah, antarkabupaten, dan TNI-Polri. Dinas Kesehatan juga kita minta bersiap-siap. Nanti akan dilakukan random test,” jelas Gubernur Ganjar.

Baca juga: Pemkab Karanganyar Hapus Program Mudik Gratis 2021

Antisipasi Lonjakan

Gubernur Ganjar mengatakan saat ini Jateng telah mendapatkan tambahan vaksin. Selain itu, peralatan tes Covid-19 juga sudah mulai diperbanyak. Peralatan tes itu nantinya bisa digunakan untuk pemeriksaan bagi pemudik yang akan memasuki wilayah Jateng.

Sebelumnya, pemerintah melalui Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, telah menyampaikan larangan mudik Lebaran 2021. Larangan ini tidak hanya berlaku bagi aparatur sipil negara (ASN) maupun pegawai BUMN, tapi juga seluruh lapisan masyarakat.

Larangan mudik itu diputuskan sebagai upaya pemerintah dalam mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 saat libur Lebaran.

 

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Gas! Rute ke Gunung Telomoyo Magelang Pacu Adrenalin

Pengunjung yang akan ke puncak Gunung Telomoyo Magelang harus mempunyai kemampuan bersepeda motor yang baik agar sampai tujuan.

Duh! Gara-Gara Postingan Di Medsos, 6 Orang Rusak 2 Rumah Dan Aniaya Warga Mojogedang Karanganyar

Enam orang ditangkap polisi karena nekat rusak rumah warga Mojogedang, Karanganyar, gara-gara tersinggung dengan postingan di media sosial.

Prediksi Italia Vs Swiss: Misi Amankan Tiket 16 Besar

Timnas Italia berpotensi menjadi tim pertama yang menyegel tiket ke fase gugur Euro 2020 tapi harus menumbangkan Swiss dalam laga kedua Grup B.

Selamat, Warga Gemolong Sragen Dapat Grandprize Mobil dari BRI

Nasabah BRI Unit Gemolong II, Sragen, Wahyuningsih, mendapat hadiah mobil Suzuki All New Ertiga dalam Panen Hadiah Simpedes Semester II 2020.

Cegah Covid-19, Yuk Bikin Hand Sanitizer dari Ekstrak Daun Mangga

Tim pengabdian Riset Grup Plasma Science and Technology FMIPA UNS menggelar pelatihan pembuatan hand sanitizer berbahan alami cegah Covid-19.

1 Lagi Pasien Covid-19 Dari Klaster Masjid Paulan Karanganyar Meninggal

Jumlah kasus positif Covid-19 yang meninggal dari klaster masjid di Paulan, Colomadu, Karanganyar, bertambah satu orang.

Kasus Covid-19 Melonjak, PLN Jaga Keandalan Listrik Rumah Sakit dan Fasilitas Kesehatan

PLN berupaya memastikan keandalan pasokan listrik, khususnya untuk tempat-tempat vital penanganan pasien Covid-19.

37 Adegan Ungkap Fakta-Fakta Pembunuhan Wanita di Waduk Kembangan Sragen

Tersangka pembunuhan wanita di Waduk Kembangan, Karangmalang, Sragen, memeragakan 37 adegan pada rekonstruksi yang digelar Polres.

Rumah Sakit Kritis di Tengah Kasus Aktif Tertinggi

Sejumlah rumah sakit di Klaten akan menambah tempat tidur menyusul kondisinya yang mulai kritis, Kasus aktif Covid saat ini menjadi yang tertinggi sejak pandemi.

Varian Delta Disebut Lebih Cepat Menular, Ini Penjelasannya

Varian delta disebut menimbulkan gejala sakit kepala, tenggorokan dan pilek hingga flu berat.

Pengusaha Wonogiri Siap Berkolaborasi Atasi Kemiskinan

Para pengusaha di Kabupaten Wonogiri siap berkolaborasi mengatasi kemiskinan sesuai bidang usaha masing-masing.

Bekas Lahan Perusahaan Serat Terbesar Wonogiri Kini Ditanami Palawija

Saat ini, sudah tidak ada lagi warga Desa Wonoharjo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, yang memproduksi serat. Padahal, dulu ada perusahaan serat terbesar di situ.