SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Karanganyar (Solopos.com) – Warga yang tinggal di kawasan perumahan dan permukiman di Kecamatan Jaten, Karanganyar, diimbau mewaspadai cuaca yang terus berubah saat ini. Wilayah yang padat ini termasuk kawasan yang rawan bencana angin ribut dan puting beliung.

“Petugas perlindungan masyarakat (Linmas) di desa juga kami minta untuk memantau wilayah masing-masing,” ujar Camat Jaten, Bachtiyar Syarif, belum lama ini. Kesiagaan itu, lanjut dia, untuk mengantisipasi agar bila ada kejadian bencana alam bisa langsung ditangani.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Yang terpenting, kata dia, adalah evakuasi sesegera mungkin. Apalagi bila hal itu menyangkut dengan korban manusia maupun bencana yang bisa mengganggu kepentingan umum. Misalnya ada pohon tumbang dan sebagainya yang bisa menghalangi lalu lintas jalan, maka sebisa mungkin harus dilakukan evakuasi terlebih dahulu.

Bila menyangkut bencana atau kejadiaan alam yang di luar kemampuan untuk ditangani warga sendiri, maka warga diminta untuk segera melaporkanya ke pihak pemerintah desa yang nanti akan diteruskan ke instansi terkait guna penanganan.

Agar penanggulangan kejadian alam itu cepat tertangani, maka pihaknya juga berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Puskesmas dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar. Ditambahkannya, banjir yang sering terjadi juga harus selalu diantisipasi. “Di Jaten banyak sungai yang mengalir dari saluran irigasi, maka itu juga tidak boleh luput dari perhatian,” katanya.

fas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya