SOLOPOS.COM - IDUL FITRI -- Warga muslim Meksiko menikmati santapan dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri di Mexico City, Selasa (30/8/2011). Menurut sensus ada setidaknya 3.700 warga muslim di Meksiko. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

New York (Solopos.com) – Kemeriahan suasana Idul Fitri juga terjadi di AS. Di Negeri Paman Sam ini masyarakat Indonesia pada umumnya melaksanakan salat Idul Fitri 1 Syawal 1432 H pada hari Selasa (30/8/2011). Di Kota New York, Masjid Al Hikmah, mesjid satu-satunya yang dikelola komunitas Indonesia, menyelenggarakan Shalat Id pada Selasa pagi pukul 09.00 waktu setempat.

IDUL FITRI -- Warga muslim Meksiko menikmati santapan dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri di Mexico City, Selasa (30/8/2011). Menurut sensus ada setidaknya 3.700 warga muslim di Meksiko. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Shalat yang dipimpin oleh Ketua Dewan Pengurus Masjid Al Hikmah, Syamsi Ali, diikuti ratusan jemaah yang memenuhi dua lantai gedung masjid, sebagian besar jamaah merupakan warga Indonesia. Di antara jemaah juga terdapat sejumlah warga asing, terutama yang berasal dari negara-negara Asia Selatan. Keputusan untuk menyelenggarakan Shalat Iedul Fitri pada Selasa, seperti dijelaskan Syamsi Ali kepada Jamaah Masjid Al Hikmah beberapa hari sebelumnya, didasarkan pada penjelasan Fiqh Council of North America.

Tidak hanya Masjid Al Hikmah, masjid-masjid lain di Kota New York, juga menentukan hari yang sama sebagai Hari Idul Fitri. Pusat kegiatan kebudayaan Islam terbesar di Kota New York, Islamic Cultural Center yang berlokasi di Manhattan, menyelenggarakan Shalat Ied pada Selasa pagi pukul 08.00. Islamic Center at New York University (ICNYU) juga memutuskan Selasa sebagai awal bulan Syawal berdasarkan kepastian penglihatan bulan di Amerika Selatan. ICNYU menyelenggarakan Shalat Ied pada Selasa pukul 09.30 di tempat ibadah mereka yang berlokasi di lantai dasar gedung St. Joseph’s Church di Manhattan.

Masyarakat muslim Indonesia yang berada di wilayah Washington DC, Maryland dan Virginia, juga menjalankan Shalat Ied pada Selasa. Shalat yang dikoordinasikan musala KBRI Washington itu dilangsungkan di Gaithersburg-Bohrer Park, Maryland. Di Houston, Konsulat Jenderal RI yang bekerja sama dengan ICMI North America, menggelar Shalat Ied pukul 09.00 waktu setempat di Atrium KJRI Houston. Penyelenggaraan Salat Id tersebut diikuti dengan “Open House” oleh Konjen RI di Houston, Al Busyra Basnur di Wisma Indonesia. Acara halal bihalal hari yang sama juga digelar oleh Konjen RI di Los Angeles, Hadi Martono, usai penyelenggaraan Salat Id.

JIBI/SOLOPOS/Ant

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya