SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Orang Hilang (ohchr.org)

Foto Ilustrasi Orang Hilang/OHCHR.ORG

GUNUNGKIDUL—Istanti, 30, warga Dusun Nglengkong, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul yang menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Yordania menghilang. Sejak 2006 silam hingga kini keberadaannya tidak diketahui.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Dwi Warno Widinugroho, Kamis (25/4), mengatakan, Keduataan Besar Republik Indonesia di Yordania dan Kementerian Luar Negeri Yordania masih berupaya mencari Istanti.

Kabar hilangnya Istanti diperoleh dari Kementerian Luar Negeri Yordania setelah mendapatkan laporan dari bank lokal di Yordania. Bank tersebut menyatakan nasabah atas nama Istanti sudah lama tidak melakukan transaksi.

Setelah ditelusuri sampai ke lokasi kerja, Istanti ternyata sudah pindah kerja. Majikannya pun tidak diketahui.

“Setelah mendapatkan informasi dari Kedutaan Besar Indonesia di Yordania kami langsung melacak keluarga Istanti,” papar Dwi

Menurut Dwi, dari keterangan pihak keluarga, Istanti pergi Yordania tidak melalui jalur yang resmi melainkan melalui salah satu jasa pengiriman TKI di Jakarta.

Istanti, pergi ke Yordania sejak 2006 lalu lewat jasa pengiriman TKI di Jakarta. Pada tahun yang sama, kata Dwi, ada keterangan dari lokasi dia bekerja yang menyebutkan Istanti sempat pulang ke Indonesia. Namun tidak pulang ke rumah orangtuanya di Gedangsari.

Namun demikian, Dwi mengaku akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencari keberadaan Istanti. Dwi juga meminta keluarga kooperatif memberikan berbagai keterangan demi memudahkan pencarian.

Dwi mengharapkan kepada masyarakat yang hendak pergi ke luar negeri agar melalui jalur yang resmi di supaya mudah terpantau. Sementara, Camat Gedangsari Marwoto mengatakan pihaknya bersama petugas dari Dinsosnakertrans sudah mendatangi kediaman Istanti.

Namun mereka tidak memperoleh keterangan yang banyak karena Istanti pergi tanpa tidak pamit kepada orangtuanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya