SOLOPOS.COM - Ilustrasi kartu identitas anak. (Ahmad Wakid/JIBI/Solopos)

Puluhan Ribu Kartu Itentitas Anak (KIA) yang telah dicetak telah siap untuk didistribusikan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gunungkidul

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Puluhan Ribu Kartu Itentitas Anak (KIA) yang telah dicetak telah siap untuk didistribusikan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gunungkidul.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Disdukcapil Gunungkidul, Eko Subiantoro mengatakan KIA yang dicanangkan oleh Kementerian Dalam Negeri sudah mulai dicetak sejak September 2017 lalu. Di Gunungkidul sendiri sudah mendapatkan jatah sebanyak 30.000 keping blangko KIA.

”Sebanyak 20.000 blangko KIA sudah tercetak dan siap untuk didistribusikan,” kata dia, Kamis (20/12/2017).

Sejak disosialisakan beberapa bulan lalu, antusiasme masyarakat dalam mengajukan permohonan pembuatan KIA diakuinya cukup tinggi. Namun demikian karena program tersebut masih dalam tahap uji coba, maka pihaknya belum mewajibkan untuk seluruh anak membuat KIA.

“Selama uji coba ini sebenarnya kami memprioritaskan pengajuan KIA melalui PAUD, TK, dan SD. Namun karena masyarakat juga sudah banyak yang melalui jalur mandiri ke kecamatan ya kami bagi-bagi juga pencetakannya,” kata Eko.

Lebih lanjut, dengan melihat antusiasme masyarakat yang cukup tinggi ini, pihaknya pada 2018 mendatang akan melakukan pengadaan blangko secara mandiri. Anggaran sebesar Rp1,7 miliar yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) APBD Gunungkidul telah dipersiapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya