SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jogja–Cuaca yang cerah dimanfaatkan warga di bantaran Kali Code, Jogja, membersihkan sisa-sisa banjir. Warga melakukan kerja bakti dengan mengumpulkan pasir untuk meninggikan tanggul, Selasa (30/11)..

Warga sibuk membersihkan rumahnya yang kemarin sempat kebanjiran setinggi satu hingga dua meter. Warga mengepel lantai di dalam rumah dan membersihkan sisa-sisa air yang menggenangi halaman rumah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Material pasir yang memenuhi lorong-lorong di tiap gang perkampungan padat itu dikumpulkan lalu dimasukkan ke dalam karung.

Material pasir ini menumpuk di pinggir kali. Padahal, sebelumnya di beberapa titik telah dilakukan pengerukan dengan alat berat. Karung berisi pasir itu ditumpuk guna meninggikan tanggul di bantaran Kali Code.

Warga yang melakukan kerja bakti di antaranya di Ledok Terban Kecamatan Gondokusuman, Ledok Jogoyudan Kecamatan Jetis, Ledok Kota Baru Kecamatan Godokusuman, dan Ledok Tukangan Kecamatan Danurejan.

Lumpur pekat yang masih menempel di lantai rumah warga disemprot dengan air. Warga yang menghuni bantaran sungai diberi pengarahan untuk tetap waspada banjir. Sejumlah relawan siaga di beberapa pos Kamling di bantaran Kali Code dan memantau banjir lahar dingin dari lereng Gunung Merapi lewat handy talkie.

dtc/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya