SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SLEMAN—Enam ruas jalan di wilayah Desa Candibinangun, Pakem yang semula rusak dan berlubang kini kembali mulus. Selain dikerjakan secara swakelola oleh warga, dana yang digunakan untuk pembangunan jalan itu sebagian besar juga dari hasil swadaya.

Kades Candibinangun Sismantoro menjelaskan, pembangunan jalan menghabiskan dana Rp721,8 juta. Total swadaya masyarakat mencapai Rp561,8 juta. “Sedangkan bantuan dari Pemkab Sleman Rp160 juta dan 139 drum aspal,” jelasnya, Sabtu (23/7) siang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pembangunan jalan di enam dusun itu meliputi jalan Bulus-Tempel sepanjang 3×1400 m, Ketulan sepanjang 3×1000 m, Bulus Lor sepanjang 3×850 m, Samberembe sepanjang 3×1900 m, Pelem sepanjang 3×1700 m, dan Kemput sepanjang 3×1000 m.

Sismantoro menambahkan, kesadaran warga untuk mengumpulkan dana secara swadaya karena sudah lama mengidamkan jalan beraspal yang mulus. Setelah dana terkumpul dan ditambah bantuan dari pemkab, warga pun sepakat bergotong-royong siang malam.(Harian Jogja/Dinda Leo Listy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya