Warga Borangan Semarang Temukan Benda Arkeologi, Diduga Peninggalan Suku Kalang

Peninggalan Suku Kalang ditemukan di lahan Perhutani di Kabupaten Semarang. Suku kalang merupakan bagia dari Suku Jawa yang hidup di zaman purbakala.

 Warga Dusun Borangan, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang tengah menunjukkan temuan benda arkeologi yang diduga peninggalan Suku Kalang kepada Tim Ahli Cagar Budaya di rumahnya, Senin (5/7/2021). (Istimewa/Tim Ahli Cagar Budaya Kabupaten Semarang)

SOLOPOS.COM - Warga Dusun Borangan, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang tengah menunjukkan temuan benda arkeologi yang diduga peninggalan Suku Kalang kepada Tim Ahli Cagar Budaya di rumahnya, Senin (5/7/2021). (Istimewa/Tim Ahli Cagar Budaya Kabupaten Semarang)

Solopos.com, SEMARANG – Warga Dusun Borangan, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, menemukan benda arkeologi yang diduga merupakan peninggalan Suku Kalang. Suku ini hidup pada zaman purbakala.

Kepala Dusun Borangang, Regot, mengaku menemukan benda-benda arkeologi itu ketika sedang berkebun di lahan milik Perhutani. Ia pun langsung menyerahkan benda-benda purbakala yang diduga bekal kubur Suku Kalang itu kepada pemerintah.

PromosiRaih GPTW, Telkom Jadi Dream Job Bagi Pencari Kerja di Indonesia 

“Benda yang kami temukan terbuat dari logam seperti besi dan tembaga. Bentuknya seperti gelang tangan, gelang kaki, dan peralatan seperti senjata. Selain itu kami juga menemukan fragmen tulang belulang, manik-manik, dan uang kuno,” ujar Regot kepada wartawan di Kabupaten Semarang, Minggu (4/7/2021).

Regot menduga benda-benda tersebut adalah Bekal Kubur Suku Kalang. Menurutnya, lokasi penemuan benda-benda tersebut merupakan bekas kuburan Suku Kalang. Hal ini mengacu penemuan benda di beberapa lokasi berbeda.

Baca Juga: Permintaan Kedelai Impor di Kudus Rendah Meski Harga Turun

“Ketemu saat saya sedang nggarap ladang. Tidak hanya di satu titik , tapi tersebar di beberapa lokasi. Karena ditemukannya bersama dengan tulang-tulang, ya kami duga lokasinya adalah makam,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Semarang, Tri Subekso, mengapresiasi langkah warga yang melapor penemuan benda purbakala itu. Subekso sudah meninjau lokasi penemuan benda arkeologis untuk dan langsung melakukan identifikasi.

Jejak Suku Kalang

Menurutnya, berdasarkan karakteristik temuan, objek tersebut identik dengan jejak budaya Suku Kalang yang banyak ditemukan di hutan-hutan jati di kawasan pantai utara Jawa.

“Apakah benar milik Wong Kalang? Tentu ini masih diteliti lebih dalam. Keberadaannya sendiri masih samar-samar, namun meninggalkan jejak peninggalan arkeologis berupa sebaran kubur kuno,”kata Subekso kepada wartawan di Semarang, Senin (5/7/2021).

Baca Juga: Dilarang Lewat Pantura selama PPKM, Sopir Truk Minta Diskon Tarif Tol

Dia menambahkan, artefak yang ditemukan berupa manik-manik, perhiasan, senjata, fragmen gerabah, dan fragmen perunggu. Selain itu, masih dijumpai juga adanya sisa tulang belulang manusia, seperti gigi, tangan, dan fragmen tengkorak.

“Jika benar bahwa situs Borangan ini merupakan pekuburan Kalang, maka temuan ini akan memperkaya data arkeologi yang menyangkut keberadaan orang-orang Wong Kalang selama ini,” terangnya.

Berdasarkan penelusuran Semarangpos.com dari berbagai sumber, Suku Kalang merupakan salah satu subsuku masyarakat di Jawa. Suku ini hidup sejak zaman kerajaan dan mulai tersisih saat masuknya agama Hindu.
Orang-orang suku ini terkenal memiliki fisik dan badan yang kuat hingga kerap dimanfaatkan untuk proyek-proyek besar. Salah satunya seperti pembuatan candi.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Bikin Sedih, Menunggu Teman Isi BBM, Gadis di Grobogan Tertabrak Truk

Korban bernama Rizzka Choirotun Faizah sedang menunggu temannya mengisi bensin di SPBU Kaliceret, tiba-tiba truk menabrak dari belakang.

Ini Kronologi Warga Tertembak Senjata Anggota Polisi di Semarang

Ketua RW 16, Kelurahan Tanjung Emas, Semarang Utara, Slamet Riyadi, 52 tahun, mengungkapkan kronologi tertembaknya Sobirin.

Diduga Ingin Kuasai Harta, Remaja Habisi Nyawa Kekasih

Korban FAW, 14, diduga dibunuh oleh kekasihnya sendiri, R, 17. Motif tindakan itu diduga niat jahat R yang ingin menguasai harta kekasihnya. 

Pengasuh Ponpes di Magelang Cabuli Santrinya Berkali-Kali

Seorang pengasuh pondok pesantren di Kabupaten Magelang mencabuli santriwatinya berkali-kali.

Seorang Penyandang Disabilitas Tenggelam di Sungai Tuntang Grobogan

Orang tenggelam di Sungai Tuntang, Kabupaten Grobogan kembali terjadi. Kali ini seorang penyandang disabilitas tenggelam, Kamis (19/5/2022).

Ini Cerita Anak Korban Tertembak Senjata Anggota Polisi di Semarang

Warga berinisial S tertembak senjata jenis airsoft gun yang dibawa Briptu RS di Semarang. Anak korban, Nurokhmah, 25 tahun bercerita mengenai kejadian tersebut.

Ini Senjata Anggota Polisi Yang Membuat Warga di Semarang Tertembak

Warga berinisial S tertembak saat hendak melerai keributan antara Briptu RS dengan kerabatnya di Semarang.

Bobol Sekolahan Hingga Kantor, Remaja di Banyumas Ini Ditangkap Polisi

Seorang remaja di Banyumas ditangkap polisi karena menjadi pelaku aksi pencurian di sejumlah sekolah dan kantor pemerintahan.

Polisi Ribut Dengan Kerabat, Seorang Warga di Semarang Tertembak

Keributan dipicu permasalahan keluarga antara anggota polisi Briptu RS dan kerabatnya SY, di Tambakrejo, Kelurahan Tanjung Mas, Kota Semarang.

Gurihnya Kuliner Soto Kudus, Pakai Daging Kerbau Bukan Ayam

Olahan kuliner berupa soto khas Kudus identik dengan kuah pekat dari kaldu daging kerbau yang disajikan dalam mangkuk kecil.

Desa Cawet Pemalang Simpan Keindahan Surgawi

Desa Cawet di pemalang, Jawa Tengah, memiliki potensi wisata alam yang memukau.

Di Mana Daerah Terdingin di Jawa Tengah?

Inilah daerah terdingin di Jawa Tengah yang sering turun hujan salju saat musim kemarau.

Check-in di Hotel, PSK di Semarang Dianiaya Tamu Pakai Muntu

Boy menganiaya PSK menggunakan muntu saat check-in di hotel untuk mengambil uang dan harta milik PSK tersebut.

Mobil Avanza Tabrak Karimun di Flyover Jatingaleh, Ini Kronologinya

Kecelakaan lalu lintas di Flyover Jatingaleh Semarang bermula ketika pengemudi Avanza diduga mengantuk atau kebingungan melaju dari arah Tanah Putih.

Jadi Percontohan, Desa di Semarang Ini Tanam Kedelai Varietas Unggul

Sebanyak 30 kilogram bibit kedelai yang terdiri dari varietas Sugentan dan Gamasugen diserahkan BRIN dalam kegiatan ini.