SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BANTUL [SPFM], Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta mengimbau warga bantaran sungai mewaspadai banjir lahar dingin dari Gunung Merapi di musim hujan mendatang. Menurut Kepala BPBD Bantul Dwi Daryanto berdasarkan perkiraan cuaca yang diterima dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta awal Oktober mendatang sudah memasuki musim hujan.

Ancaman lahar dingin diasumsikan karena saat ini masih ada sekitar 70 persen material erupsi yang ada di Merapi dan dapat hanyut di sungai-sungai yang berhulu saat hujan dan berpotensi merusak infrastruktur maupun permukiman. Dia menambahkan, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan kecamatan dan desa yang dilalui sungai-sungai tersebut. Selain itu juga sosialisasi tentang mitigasi bencana atau langkah-langkah yang dilakukan saat terjadi bencana. [MIOL/ard]

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Ekspedisi Mudik 2024
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya